Comscore Tracker

Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat Sembako

Yagasu beri 1.250 paket sembako untuk masyarakat pesisir

Medan, IDN Times - Pandemik COVID-19 belum juga berakhir sampai sekarang. Hingga kini, pertumbuhan ekonomi semakin melambat hingga berdampak pada kehidupan lainnya. Dalam situasi ini perhatian pemerintah sangat dibutuhkan.

Namun, semangat persatuan dan kemanusiaan dengan bahu-membahu menjadi solusi meringankan beban masyarakat yang terdampak. Seperti yang dilakukan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu). Yagasu berikan bantuan sosial tanggap darurat COVID-19 sejak 28 April 2020 hingga 2 Mei 2020.

1. Lembaga yang fokus terhadap konservasi mangrove ini memberikan paket bahan pangan dan kebersihan sebanyak 1.250 paket

Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat SembakoDok/Pribadi

Lembaga yang fokus terhadap konservasi mangrove ini memberikan paket bahan pangan dan kebersihan sebanyak 1.250 paket kepada kelompok masyarakat yang representatif terlibat langsung pada program restorasi mangrove.

"Dimana kebanyakan dari mereka memiliki kesulitan memenuhi kebutuhan pokok pada saat pendemik COVID-19 terjadi dengan daya beli yang juga memprihatinkan," ujar Meilinda Suriani Harefa, Program Director Yagasu.

"Bulan Ramadan yang penuh rahmat ini adalah bulan yang baik untuk saling berbagi. Bantuan ini diberikan  kepada 108 anggota kelompok masyarakat dari 89 Desa yang terlibat aktif pada program restorasi mangrove selama Januari 2019 sampai April 2020," tambahnya.

Baca Juga: Wabah COVID-19, Ini yang Dirasakan YAGASU Selama Lakukan WFH

2. Berharap gerakan bantuan sosial ini nantinya dapat memberikan keringanan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi yang terdampak

Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat SembakoDok/Pribadi

Meilinda berharap, gerakan bantuan sosial ini nantinya dapat memberikan keringanan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka dan melalui kepedulian sosial ini juga diharapkan kelompok masyarakat semakin bertambah semangat melanjutkan program restorasi yang masih berlanjut untuk mitigasi dan adaptasi lingkungan.

3. Selain sembako, Meilinda juga mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan diri guna mencegah tertularnya Virus COVID-19

Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat SembakoDok/Pribadi

Selain sembako, Meilinda juga mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan diri guna  mencegah tertularnya Virus COVID-19. Yagasu juga telah menerapkan Work From Home sejak anjuran pemerintah dan turut melakukan positive brand awareness di seluruh media sosialnya seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

"Kita berharap masyarakat tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, serta mengutamakan diri di rumah," jelasnya.

4. Mereka yang diberikan bantuan berada disekitar Kawasan Mangrove yang representatif sepanjang Pantai Timur Sumatera

Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat SembakoDok/Pribadi

Bambang Suprayogi selaku CEO Yagasu mengatakan, mereka yang diberikan bantuan berada disekitar Kawasan Mangrove yang representatif sepanjang Pantai Timur Sumatera dari Aceh Jaya, Aceh Besar, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Biruen, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang  Langkat, Medan Belawan, Deli Serdang  Serdang Bedagai sampai Asahan dan Batubara.

Bantuan sosial ini merupakan respon cepat dari Bernard Giraud selaku Presiden Livelihood Fund terhadap pendemik COVID-19 saat ini di dunia terutama berdampak kepada lembaga sosial yang bekerja dalam naungan project Livelihood di dunia seperti Yagasu dengan sebutan Program tanggap darurat COVID-19.

Terdampak Corona, Masyarakat Pesisir di Kawasan Mangrove Dapat SembakoStop Stop Ser

Baca Juga: [BREAKING] Sempat Sembuh, Ajudan Wagub Ijeck Positif Corona Lagi

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya