Comscore Tracker

Perayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak Disabilitas

Sentra Bahagia Medan beri bantuan dalam puncak HAN 2022

Medan, IDN Times- Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 menjadi pengingat bahwa anak adalah harapan bangsa. Oleh karena itu, anak selayaknya mendapat perlindungan.

Tahun ini, Hari Anak Nasional (HAN) 2022 dirayakan dengan nuansa berbeda, dengan mengambil tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'.

Plt. Kepala Sentra Bahagia Medan, Iman Imaduddin Hamdan mengatakan, Kementerian Sosial Republik Indonesia memperingati HAN 2022 bersama anak-anak di Lombok Timur. Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Dalam kegiatan itu, Sentra 'Bahagia' Medan bersama Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas mendapat tugas memeriahkan HAN 2022 di Kecamatan Jerowaru," katanya, Kamis (4/8/2022).

1. Sentra 'Bahagia' Medan dalam puncak HAN 2022 beri bantuan untuk anak disabilitas

Perayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak DisabilitasPerayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak Disabilitas (Istimewa/IDN Times)

Kementerian Sosial melalui Sentra 'Bahagia' Medan dalam puncak HAN 2022 memberikan bantuan untuk anak-anak dan disabilitas seperti 200 paket nutrisi dan sembako. Kemudian, satu alat bantu dengar, satu tongkat adaptif dan tiga kursi roda dengan total senilai Rp183 juta.

Selain itu, Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas juga menyerahkan paket bantuan nutrisi, peralatan sekolah, perlengkapan salat, sepeda, alat bantu kursi roda dan toilet duduk.

"Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial tersebut berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan hasil asesmen yang telah dilakukan," kata Iman.

2. HAN 2022 diharapkan jadi simbol dukungan pemerintah beri perhatian kepada anak

Perayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak DisabilitasPerayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak Disabilitas (Istimewa/IDN Times)

Iman menuturkan, perayaan HAN 2022 diharapkan menjadi simbol dukungan utama pemerintah dalam memberikan perhatian kepada anak-anak Indonesia untuk mewujudkan harapannya.

"Seperti tagline yang dipilih Kemensos yaitu anak Indonesia hebat, pemerintah berharap akan muncul anak-anak Indonesia yang gigih dan kuat dalam mewujudkan cita-cita di tengah situasi yang sulit," ujarnya.

3. Diikuti seluruh anak-anak di Indonesia secara virtual

Perayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak DisabilitasPerayaan HAN 2022, Sentra Bahagia Medan Bantu Anak Disabilitas (Istimewa/IDN Times)

Kegiatan HAN 2022 ini diikuti seluruh anak-anak di Indonesia secara virtual. Sebelumnya, Sentra 'Bahagia' telah melakukan kampanye sosial sejak Kamis, 28 Juli 2022 di Pondok Pesantren dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) "Al Anshori".

Dalam kegiatan tersebut, pekerja sosial dan psikolog memberikan edukasi dan penyuluhan terkait pencegahan pernikahan dini. "Dari keseluruhan rangkaian HAN 2022, acara puncak dilakukan di Aula Kecamatan Jerowaru pada 1 Agustus 2022," tuturnya.  

Dengan adanya bantuan yang diberikan, Ketua Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Kabupaten Lombok Timur, Fitri berharap agar anak-anak Jerowaru dapat bertumbuh dan berkembang menjadi anak sehat, kuat dan semangat meski terlahir di daerah yang kurang air.

Baca Juga: Mensos Semangati Anak-anak Indonesia pada Perayaan HAN 2022 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya