Pembelian BBM Biosolar di Sumut Sudah Mulai Terapkan QR Code 

Masyarakat diminta segera mendaftar online

Medan, IDN Times- Penerapan Quick Response Code (QR Code) untuk melakukan pembelian BBM Biosolar subsidi mulai diterapkan Selasa (7/3/2023) kemarin. Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) sudah mendaftarkan kendaraannya untuk mengikuti Program Subsidi Tepat.

"Sejak 1 Maret 2023, sebanyak lebih kurang 31.500 unit kendaraan telah mendaftar dalam Program Subsidi Tepat di Sumut, khusus segmen Solar," katanya, Selasa (7/3/2023).

1. Siapkan posko pendaftaran langsung di SPBU

Pembelian BBM Biosolar di Sumut Sudah Mulai Terapkan QR Code Ilustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Satria menyebutkan dalam meningkatkan jumlah pendaftar, pihaknya telah menambah posko pendaftaran langsung. "Kami telah membuka lebih kurang 300 posko pendaftaran Subsidi Tepat di Sumut," ujarnya.

"Mulai hari ini, 7 Maret 2023, diterapkan perluasan wilayah implementasi uji coba Program Subsidi Tepat di Sumut. Program Subsidi Tepat ini bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan BBM bersubsidi," tambahnya.

Lokasi posko atau helpdesk Subsidi Tepat tersebut berada di SPBU, kantor pemerintahan seperti Kantor Samsat, kantor bupati, dan kantor wali kota, serta fasilitas umum seperti terminal bus.

Baca Juga: Arti Kode SPBU Pertamina, 31, 34, dan 54, Gak Semua Milik Pertamina!

2. Pendaftaran online dapat dilakukan di subsiditepat.mypertamina.id

Pembelian BBM Biosolar di Sumut Sudah Mulai Terapkan QR Code Pexels/Bongkarn thanyakij

Bagi masyarakat yang memiliki akses internet, pendaftaran online juga terus dipastikan tidak ada kendala melalui website subsiditepat.mypertamina.id dan menu Subsidi Tepat di Aplikasi MyPertamina.

Pertamina Patra Niaga juga telah melakukan sosialisasi Program Subsidi Tepat bersama Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Pemerintah Kota Medan, Tebing Tinggi, Sibolga, Padangsidempuan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan lain-lain.

3. Uji coba penerapan Subsidi Tepat secara menyeluruh telah didukung BPH Migas

Pembelian BBM Biosolar di Sumut Sudah Mulai Terapkan QR Code Pixabay.com/StartupStockPhotos

Uji coba penerapan Subsidi Tepat secara menyeluruh telah didukung BPH Migas melalui SK BPH Migas No. T-928/MG.05/BPH/2022 tentang Pelaksanaan Uji Coba Pendistribusian JBT dengan QR Code dan SK Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu.

Adapun bagi konsumen yang belum memiliki QR Code tetap dapat mendapatkan BBM solar subsidi, namun pembelian akan dibatasi dengan maksimal hanya 40 liter. Untuk konsumen yang memiliki QR Code mendapatkan pembelian maksimal 100 liter per hari.

Hal ini mengacu pada ketentuan BPH Migas pembelian maksimal 200 liter per hari, sedangkan di Sumut mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) pembelian maksimal 100 liter per hari. 

Baca Juga: Timbun 1,5 Ton BBM di Aceh, 3 Warga Ditangkap Termasuk Operator SPBU

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya