Comscore Tracker

Mal di Medan Tutup Selama PPKM Darurat, Karyawan Work From Home

Hanya petugas keamanan yang bekerja ke mal

Medan, IDN Times - Gubernur Sumatera Utara resmi memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Kota Medan sejak 12 Juli-20 Juli 2021. Guna mematuhi instruksi itu, sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Medan tutup.

Sun Plaza Medan yang berada di Jalan Zainul Arifin, salah satunya. Seperti apa reaksi para pengelola mal? Yuk simak:

Baca Juga: Medan PPKM Darurat, Wali Kota Bobby Janjikan Bantuan untuk Warga

1. Hampir seluruh toko-toko yang ada di Sun Plaza ditutup

Mal di Medan Tutup Selama PPKM Darurat, Karyawan Work From Homefreepik/jcomp

Hal tersebut dikatakan Marcomm Manager Sun Plaza, Yokie. Pihaknya telah mengikuti dan mematuhi instruksi Pemerintah dalam pelaksanaan PPKM yakni melakukan pembatasan jam operasional pada pukul 10.00-17.00 WIB yang telah dimulai sejak 7-20 Juli 2021.

"Nah, sesuai peraturan Wali Kota Medan mengenai PPKM Darurat yang diberlakukan mulai hari ini 12 Juli hingga 20 Juli 2021 kita mengikuti peraturan pemerintah untuk menutup operasional mall. Jadi kita mengikuti aturan ini, hampir seluruh toko-toko yang ada juga tutup," katanya, Selasa (13/7/2021).

Namun, begitupun ada beberapa toko yang diizinkan buka dan hanya melayani pembelian take away. Kemudian, pharmacy dan hypermart juga dibuka tapi jumlah pengunjung dibatasi 50 persen.

"Intinya peraturan pemerintah kita ikuti. Karyawan Work From Home. Hanya petugas keamanan yang tentu masih kerja," ucapnya.

2. Kegiatan event di Plaza Medan Fair ditiadakan

Mal di Medan Tutup Selama PPKM Darurat, Karyawan Work From HomeUnsplash/Rod Long

Marcomm Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun, juga menyampaikan hal yang sama. Mall yang berada di Jalan Gatot Subroto ini juga mematuhi peraturan pemerintah untuk menutup sementara operasional mall mulai tanggal 12-20 Juli 2021.

Begitu juga toko yang ada tutup hanya toko yang menjual kebutuhan bahan pokok Transmart Carrefour buka pukul 10.00-19.00 WIB. 

"Ya, kita ikut dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah. Ini merupakan tanggung jawab kita semua. Semua pihak harus berperan dan bertanggung jawab untuk memutus mata rantai penyebaran pandemik COVID-19 ini," sebut Lenny.

Lenny mengaku selama pandemik COVID-19, jumlah pengunjung menurun setiap harinya. Kegiatan event di Plaza Medan Fair juga ditiadakan. Kondisi ini, berimbas bagi pelaku usaha sendiri.

"Di sini protokol kesehatan tetap ketat. Sekarang malah kami sudah menganjurkan pengunjung harus menggunakan masker dua lapis," jelas Lenny. 

3. Manhattan Times Square juga melakukan penyesuaian jam operasional

Mal di Medan Tutup Selama PPKM Darurat, Karyawan Work From Homepexels.com/Artem Beliaikin

Sementara itu, Marcomm Manhattan Times Square, Tri Wahyudi menuturkan pihak pengelolaan juga melakukan penyesuaian jam operasional. Sedangkan, untuk gerai yang menjual kebutuhan pokok buka pukul 09.00-20.00 WIB. 

"Kami mengikuti surat edaran dari pemerintah dan jika ada perubahan ketentuan waktu dari pemerintah maka manajemen akan segera merubahnya," katanya.

Baca Juga: Pedagang Kain Protes PPKM Darurat di Medan: Kami Mau Makan Apa?

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya