LPKA Kelas 1 Medan Ajak Anak Binaan Tanam Patriotisme dengan Upacara

Sebanyak 212 anak binaan menjadi peserta upacara bendera

Medan, IDN Times- Sebanyak 212 anak binaan menjadi peserta upacara bendera di Lembaga Khusus Pembinaan Anak (LKPA) Kelas 1 Medan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara. 

Dalam kegiatan tersebut, yang menjadi Pembina Upacara adalah Kepala Seksi Perawatan, Renaldi Hutagalung. Dalam amanat pembina upacara, Renaldi mengatakan bahwa salah satu bentuk kecintaan kepada tanah air adalah rutin melaksanakan kegiatan upacara bendera setiap hari senin. 

1. Upacara dilakukan sebelum pembinaan

LPKA Kelas 1 Medan Ajak Anak Binaan Tanam Patriotisme dengan UpacaraSalah Satu Bentuk Kecintaan Tanah Air Anak Binaan LPKA Kelas 1 Medan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara rutin gelar upacara bendera.

Petugas LPKA Medan beserta anak binaan aktif melaksanakan kegiatan upacara bendera setiap hari senin pagi sebelum kegiatan pembinaan lainnya dimulai.

Seperti yang dilakukan pada Senin,(16/01/23). Upacara bendera berlangsung tertib dan aman. Yang bertugas sebagai perangkat upacara yaitu anak binaan kamar 3, Pemimpin upacara (R), Pembacaan UUD 1945 (S), Ikrar Anak Binaan (A).

Baca Juga: Petugas Temukan HP hingga Pisau di Kamar Lapas Kelas II B Meulaboh

2. Bertujuan untuk menanamkan rasa patriotisme

LPKA Kelas 1 Medan Ajak Anak Binaan Tanam Patriotisme dengan UpacaraSalah Satu Bentuk Kecintaan Tanah Air Anak Binaan LPKA Kelas 1 Medan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara rutin gelar upacara bendera.

Adapun tujuan khusus diterapkan kegiatan upacara adalah untuk mendisiplinkan peserta binaan sejak dini, serta menanamkan rasa patriotisme dalam diri anak binaan.

Harapannya kedepan  anak binaan dapat memperoleh manfaat dari penerapan kegiatan upacara bendera tersebut.

Salah satu bentuk kecintaan tanah air anak binaan LPKA Kelas 1 Medan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara rutin gelar upacara bendera.

3. LKPA diresmikan serentak pada 5 Agustus 2015

LPKA Kelas 1 Medan Ajak Anak Binaan Tanam Patriotisme dengan UpacaraHand warmer (explorersweb.com)

LKPA diresmikan serentak di seluruh Indonesia pada 5 Agustus 2015, anak-anak yang bermasalah hukum tidak lagi menjalani proses hukum di pengadilan umum maupun pemidanaan di Lembaga Pemasyarakatan. Namun, langsung dibawa di LKPA untuk dilakukan pembinaan, terutama memperbaiki mental dan psikologi anak.

Baca Juga: Korupsi Stadion Samura, Eks Kadispora Dituntut 5,5 Tahun Penjara

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya