Jelang Lebaran, FJPI Sumut Berbagi Sembako untuk Duafa

Program ini sudah digelar sejak tahun 2011

Medan, IDN Times - Ramadan menjadi bulan yang dinanti umat muslim. Biasanya, di momen ini semua orang berlomba-lomba berbagi untuk sesama. Seperti yang dilakukan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara.

Bulan Ramadan ini, mereka kembali membagikan paket sembako kepada kaum duafa. Sebanyak 55 paket sembako diberikan di masa pandemik COVID-19 ini. Dengan harapan, dapat membantu serta meringankan beban masyarakat dalam menyambut hari Raya Idulfitri 1442 H. 

Ketua FJPI Sumut, Lia Anggia Nasution menyampaikan FJPI berbagi ini merupakan program yang sudah digelar sejak tahun 2011.

"Alhamdulilah, kegiatan ini sudah berjalan selama sepuluh tahun dan ini merupakan tahun kedua kita laksanakan di masa pandemik COVID-19," ujarnya, Minggu (9/5/2021).

1. Program ini sudah digelar sejak tahun 2011

Jelang Lebaran, FJPI Sumut Berbagi Sembako untuk DuafaFJPI Sumut berbagi kepada kaum duafa dalam menyambut Idulfitri (Istimewa/IDN Times)

Anggi mengatakan, program FJPI berbagi ini diawali dari semangat anggota FJPI Sumut untuk berbagi kepada kaum duafa dalam menyambut Idulfitri, kemudian diperluas dengan donasi dari berbagai pihak lainnya.

Harapannya, bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat dalam merayakan Idulfitri di masa pandemik COVID-19.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada donatur yang sudah ikut berperan serta dalam kegiatan FJPI berbagi ini. Terutama kepada JNE dan Unibis, serta donatur pendukung FJPI yang mendukung kegiatan melalui donasi pribadi," kata Anggi.

Baca Juga: Ustaz Tengku Zulkarnain Wafat, Sempat Safari Dakwah di 12 Kota Riau

2. Sejak pandemik, FJPI berbagi digelar dengan langsung menyerahkan bantuan sembako

Jelang Lebaran, FJPI Sumut Berbagi Sembako untuk DuafaFJPI Sumut berbagi kepada kaum duafa dalam menyambut Idulfitri (Istimewa/IDN Times)

Ketua Panitia FJPI Sumut berbagi 2021, Siti Amelia mengatakan, ada yang berbeda dari cara pembagian sembako yang dilakukan dalam kegiatan ini semenjak adanya pandemik COVID-19.

Jika tahun-tahun sebelumnya program FJPI ini disalurkan dengan menggelar kegiatan bersama masyarakat duafa di satu kecamatan. Namun untuk dua tahun belakangan ini sejak pandemi COVID-19, kegiatan FJPI berbagi digelar dengan langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat duafa.

3. Demi menaati protokol kesehatan, dua tahun belakangan ini tidak lagi membuat acara berbuka puasa bersama

Jelang Lebaran, FJPI Sumut Berbagi Sembako untuk DuafaFJPI Sumut berbagi kepada kaum duafa dalam menyambut Idulfitri (Istimewa/IDN Times)

Kata Amel, demi menaati protokol kesehatan, dua tahun belakangan ini tidak lagi membuat kegiatan penyaluran sembako sekaligus berbuka puasa bersama atau mengumpulkan masyarakat di satu masjid di satu kecamatan.

"Tapi dua tahun belakangan ini kita salurkan bantuan langsung dengan jemput bola kepada kaum duafa yang tersebar di kota Medan," ujar Amelia.

Baca Juga: 10 Potret Serunya Balapan Tamiya di Kota Medan, Gak Pandang Usia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya