Hari Terakhir di Medan, Jokowi Gowes di Kota Tua Pakai Outfit Kasual

Jokowi memantau kondisi bangunan Kota Tua di Medan

Medan, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi gowes berkeliling Kota Medan bersama. Dalam kegiatan itu, Jokowi mengenakan setelan kasual.

Saat gowes, penampilan Jokowi menggunakan t-shirt putih dipadukan kemeja army dengan sepatu hitam.

Ia pun bersama rombongan melihat penataan Kota Medan, dengan menyinggahi Lapangan Merdeka dan Pos Bloc Medan di Jalan Pos Nomor 2, Medan. Sebelum tiba di Lapangan Merdeka, Jokowi juga memantau kondisi bangunan bersejarah di Kota Tua Kesawan, Medan.

1. Lapangan Merdeka akan menjadi landmark Kota Medan

Hari Terakhir di Medan, Jokowi Gowes di Kota Tua Pakai Outfit KasualPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo gowes keliling Medan, Minggu (12/2/2023) pagi (Dok. IDN Times/Istimewa)

Jokowi, usai bersepeda, mengatakan Lapangan Merdeka akan menjadi landmark Kota Medan. Ia berharap dalam waktu dua tahun Lapangan Merdeka yang saat ini direvitalisasi bisa memfasilitasi berbagai event-event untuk masyarakat.

"Satu tahun dua tahun akan terjadi perubahan besar, penataan Lapangan Merdeka, penataan Kesawan, tentu ini akan diisi event-event, saya kira ini akan menjadi landmark kotanya," katanya, Minggu (12/2/2023).

2. Jokowi menyebutkan untuk penataan kota ini butuh keberanian

Hari Terakhir di Medan, Jokowi Gowes di Kota Tua Pakai Outfit KasualPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo gowes keliling Medan, Minggu (12/2/2023) pagi (Dok. IDN Times/Istimewa)

Menurut Jokowi, penataan ini butuh keberanian dan juga pengintegrasian karena banyak melibatkan pihak. Walau begitu, dia yakin hasilnya akan sangat baik.

"Butuh keberanian karena ada yang mau, ada yang tidak, ada milik BUMN, ada yang swasta, ada yang pribadi, yang sulit itu mengintegrasikannya. Saya lihat sudah mulai dan hasilnya sangat bagus," ujarnya.

Usai gowes, Jokowi dan rombongan kembali ke Hotel JW Marriot. Sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi kembali ke Jakarta.

Jokowi sudah berada di Kota Medan sejak 8 Februari 2023 untuk membuka acara HPN 2023. Bahkan tadi malam Jokowi dan Iriana menyempatkan diri menonton konser Dewa 19 di Pardede Hall Medan. Ini merupakan satu kunjungan terlama Jokowi di Kota Medan.

3. Jokowi beri masukan tentang penataan Kota Medan

Hari Terakhir di Medan, Jokowi Gowes di Kota Tua Pakai Outfit KasualPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo gowes keliling Medan, Minggu (12/2/2023) pagi (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ada beberapa jalur utama Kota Medan yang dilalui rombongan Presiden RI, Gubernur Sumut dan Walikota Medan Bobby Afif Nasution, antara lain Jalan Guru Patimpus, Kapten Maulana Lubis, Imam Bonjol, Suprapto dan Ahmad Yani.

Edy Rahmayadi berharap dengan bersepeda, Presiden RI Joko Widodo bisa melihat lebih dekat dan detail Kota Medan saat ini. "Kalau bersepeda kita bisa lihat lebih dekat dan lebih detail jalur-jalur yang kita lalui, itulah yang kita harapkan sehingga Pak Presiden bisa memberikan arahan tentang penataan Kota Medan," kata Edy.

Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumut mengatakan, akan terus mendukung pembangunan Kota Medan. Apalagi Kota Medan merupakan ikon Sumut dan merupakan Ibu Kota Provinsi Sumut.

"Tentu Pemerintah Provinsi akan mendukung pengembangan dan pembangunan seluruh daerah, apalagi Medan yang merupakan wajah Sumut," ucapnya. 

Baca Juga: Potret Iriana Jokowi Gak Mau Duduk saat Nonton Konser Dewa 19 di Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya