Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Jika Ingin Kuliah di USA

Dihadiri enam perwakilan Universitas dari Amerika Serikat

Medan, IDN Times- Ratusan masyarakat memadati pameran pendidikan USA di JW Marriott Medan, Selasa (28/2/2023) sore. Pantaun IDN Times di lokasi, sejumlah mahasiswa antusias mengunjungi sejumlah booth dari perwakilan beberapa universitas Amerika Serikat, serta perwakilan dari sejumlah penyedia program beasiswa Indonesia dan Amerika.

Konsul AS untuk Sumatra, Gordon Church mengatakan antusias masyarakat Kota Medan untuk menghadiri pameran pendidikan ini paling besar dibanding dua kota lainnya.

"Kami senang sekali dengan antusiasme masyarakat Medan. Jadi Medan ini paling banyak pendaftarnya lebih dari seribu orang," ungkapnya.

1. Booth Fulbright memberikan informasi pembiayaan untuk pendidikan di USA

Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Jika Ingin Kuliah di USAPameran Education USA di JW Marriot, Selasa (28/2/2023) (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Pameran pendidikan ini, katanya, dihadiri enam perwakilan Universitas dari Amerika. Selain itu, ada juga booth Fulbright yang memberikan informasi pembiayaan untuk pendidikan di Amerika Serikat.

"Kemudian, mahasiswa juga dapat mencari informasi untuk membuat visa. Di sini juga ada booth visa, untuk memudahkan mahasiswa membuat visa," ucapnya.

2. Berikan informasi seputar pilihan studi

Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Jika Ingin Kuliah di USAUnsplash/Mikael Kristenson

Gordon menyebutkan, pameran edukasi ini menyediakan banyak informasi seputar pilihan studi di Amerika Serikat. Salah satunya, pilihan college di Universitas. "Masyarakat dan mahasiswa yang di mana mereka bisa mengambil pelajaran dasar, lalu mereka bisa mengambil subjek di universitas yang mereka pilih," jelasnya.

"Program itu dinamakan two plus two yaitu dua tahun di college dan dua tahun di universitas," tambahnya.

3. Yuk! tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris

Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Jika Ingin Kuliah di USApexels.com/mentatdgt

Kata Gordon, salah satu hal yang harus dipersiapkan jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah meningkat kemampuan Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai TOEFL. Ke depan, pihaknya juga berencana menggelar pameran edukasi di bulan September.

"Jadi kita targetnya dua kali setahun mengadakan education fair. Jadi selanjutnya akan diselenggarakan di September," ujarnya

Dikatakan Gordon, hal yang menarik dalam pendidikan di Amerika Serikat adalah kebebasan untuk memilih jurusan. "Mereka bisa ke kampus dulu, mengambil kelas biasa dan memutuskan untuk mengambil kelas selanjutnya," pungkasnya.

Baca Juga: Pameran Education USA di Medan, Ini Jadwal Lengkap Acaranya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya