GIIAS Medan 2022, Sedot 24.117 Pengunjung Selama Pameran

GIIAS The Series 2022 selanjutnya digelar di Semarang

Medan, IDN Times - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) mencatat kehadiran pengunjung mencapai 24.117 orang selama pameran berlangsung di Santika Convention Center, Medan. Angka tersebut menunjukan peningkatan jika dibandingkan pada penyelenggaraan GIIAS Medan pada 2019 lalu.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan teknologi dan produk otomotif yang dihadirkan berhasil menarik minat masyarakat. Terlihat dari angka pengunjung yang naik dibandingkan penyelenggaraan GIIAS Medan sebelumnya.

“GIIAS Medan 2022 membawa atmosfer kendaraan masa depan dengan kehadiran produk dan teknologi terbaru dari hampir semua lini industri otomotif Indonesia kepada masyarakat Sumatra Utara. Kami berharap pameran GIIAS Medan 2022, akan kembali memberikan dorongan signifikan bagi pencapaian industri otomotif Sumatra Utara dan nasional,” ujar Nangoi.

1. Gaikindo memperluas cakupan penyelenggaraan pameran

GIIAS Medan 2022, Sedot 24.117 Pengunjung Selama PameranMobil-mobil GAZOO Racing akan dipamerkan juga di GIIAS 2022 (dok. PT TAM)

Yohannes menjelaskan, berdasarkan arahan Pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian RI, Gaikindo akan terus memperluas cakupan penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo, untuk mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia.

Menurutnya, semakin luas jangkauan pameran otomotif Gaikindo maka semakin terbuka kesempatan mendorong perkembangan dan pencapaian industri otomotif nasional.

“Kami rasa tidak terelakkan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif telah menjadi faktor penting untuk terus mendorong faktor produktivitas, mencapai target industri otomotif nasional, dan fokus yang juga penting adalah memberikan edukasi bagi masyarakat luas lewat pameran," ucapnya.

2. GIIAS The Series 2022 melebarkan sayap ke Semarang

GIIAS Medan 2022, Sedot 24.117 Pengunjung Selama PameranIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Rangkaian GIIAS The Series 2022 selanjutnya digelar di provinsi Jawa Tengah, yakni kota Semarang. Kota Semarang memiliki kondisi ekonomi yang baik, dan pasar otomotif di Jawa Tengah adalah pasar yang sangat potensial.

"Dengan pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8 persen dari distribusi secara nasional, oleh karena itu dengan tekat bulat GAIKINDO bersama anggotanya berencana untuk menyelenggarakan GIIAS Semarang 2022,” ungkap Rizwan. 

Rencananya GIIAS Semarang 2022, akan menjadi penutup rangkaian GIIAS The Series tahun ini, GIIAS Semarang 2022 akan berlangsung pada 23-27 November 2022, di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah. 

3. GIIAS Makassar ditangguhkan tahun ini

GIIAS Medan 2022, Sedot 24.117 Pengunjung Selama PameranGIIAS The Series 2022 resmi dibuka di Santika Convention Center, Rabu (5/10/2022). (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 juga menyampaikan bahwa meski pendataan transaksi pada GIIAS Medan 2022 masih berjalan, tren transaksi pada GIIAS Medan 2022 terlihat meningkat cukup signifikan.

"Antusiasme dan dukungan masyarakat adalah kunci dari kenaikan pencapaian industri otomotif Indonesia," katanya.

Ia juga mengatakan, bahwa dengan berat hati Gaikindo juga harus menginformasikan bahwa dikarenakan kendala teknis, GIIAS Makassar harus ditangguhkan penyelenggaraannya pada tahun ini. Namun, kedepannya GIIAS Makassar akan kembali dalam rangkaian pameran tahunan Gaikindo.

Baca Juga: Bertabur Promo, Motor Honda Jadi Incaran Pengunjung GIIAS Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya