Akan Diterapkan Blended Learning, Ini Strategi Sampoerna Academy Medan

Sekolah akan dibuka secara daring dan tatap muka langsung

Medan, IDN Times - Periode hybrid learning atau blended learning, yang di mana proses pembelajaran akan dilaksanakan dalam dua metode bersamaan, yaitu secara daring dan tatap muka langsung akan segera diaplikasikan di tahun ajaran baru.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Kementerian Indonesia (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri).

Salah satu sekolah yang menyiapkan strategi proses pembelajaran itu adalah Sampoerna Academy Medan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Syaifuddin saat mengunjungi lokasi, Rabu (19/5). 

“Saya melihat fasilitas dan protokol kesehatan di Sampoerna Academy Medan sudah memadai. Saya setuju kalau melakukan sesi tatap muka atau blended learning, tetapi tentunya sambil melihat situasi terkini dari angka penyebaran COVID-19 di wilayah ini, kita tetap harus mawas, siaga, dan berkomunikasi dengan para pihak berkepentingan, seperti Gugus Tugas," ujarnya.

"Tapi kalau saya lihat di Sampoerna Academy Medan penggunaan masker sudah berjalan, protokol kesehatan dan bahkan ada penggunaan Ultra-wide Band (UWB), suatu perangkat kartu yang dapat membantu mengingatkan siswa dan guru untuk menjaga jarak aman,” tambahnya.

Baca Juga: Kepling Terbukti Lakukan Pungli, Langsung Dipecat Wali Kota Bobby

1. Hal ini sejalan dengan komitmen Sampoerna Academy untuk terus menghadirkan pendidikan formal berbasis internasional

Akan Diterapkan Blended Learning, Ini Strategi Sampoerna Academy MedanIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal ini sejalan dengan komitmen Sampoerna Academy untuk terus menghadirkan pendidikan formal berbasis internasional dengan menggunakan metode pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) dalam lingkungan belajar inovatif yang mengutamakan keamanan dan kesehatan seluruh murid, guru, karyawan, serta komunitas sekolah.

Untuk menerpakan proses pembelajaran itu, Syafaruddin, selaku Kepala SD, SMP, SMA di Sampoerna Academy Medan, mengatakan telah menyiapkan berbagai hal strategis dalam memastikan seluruh protokol kesehatan dan kebersihan memenuhi standarisasi internasional dan nasional di setiap lokasi kampus, termasuk di Sampoerna Academy Medan.

2. Pihaknya bermitra dengan perusahaan inspeksi, verifikasi, pengujian, dan sertifikasi terkemuka di dunia SGS

Akan Diterapkan Blended Learning, Ini Strategi Sampoerna Academy MedanIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Syafaruddin menyampaikan, pihaknya bermitra dengan perusahaan inspeksi, verifikasi, pengujian, dan sertifikasi terkemuka di dunia SGS (Societe Generale de Surveillance) untuk memberikan kontrol lebih baik terhadap protokol kebersihan dan disinfeksi yang diterapkan saat ini di area Sampoerna Academy Medan telah mengikuti standar internasional dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kemitraan ini juga menjadikan kami institusi pendidikan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bermitra dengan SGS dan menerima Sertifikasi Pemantauan Higienis SGS untuk protokol dan implementasi terkait pencegahan penyebaran COVID-19,” ucapnya.

3. Sampoerna Academy menjadi sekolah pertama di Indonesia yang telah menyiapkan perangkat UWB

Akan Diterapkan Blended Learning, Ini Strategi Sampoerna Academy MedanIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Sampoerna Academy menjadi sekolah pertama di Indonesia yang telah menyiapkan perangkat UWB, di mana siswa dapat memakainya di seluruh kampus Sampoerna Academy dan mampu memberikan Real Time Distance Alert pada setiap aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Selain itu, UWB juga memiliki kemampuan Contact Tracing yang dapat memberikan informasi mengenai siapa, di mana, dan berapa lama siswa berinteraksi dengan siswa lain. Data yang telah dikumpulkan melalui metode Contact Tracing akan disimpan untuk pemantauan lebih jauh.

Baca Juga: Pencurian Kotak Infaq, Pengurus Masjid Ditikam Pria Bermukena

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya