Comscore Tracker

Wali Kota Bobby Sebut PPKM di Medan Berpeluang Turun Jadi Level 3

Bobby klaim BOR saat ini di bawah 30 persen

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan bahwa, ada kemungkinan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun dari level 4 turun jadi level 3. Hal ini karena ada beberapa perkembangan positif soal situasi COVID-19 di Medan.

"Mudah-mudahan (turun) kemarin kita juga sudah tanyakan ke Pak Menko Perekonomian, beliau juga bilang indikator Medan masih masuk PPKM Level 4 karena kasus aktifnya yang masih tinggi, selebihnya kita sudah turun semua," ucap Bobby, Senin (13/9/2021).

1. Bobby klaim BOR saat ini di bawah 30 persen

Wali Kota Bobby Sebut PPKM di Medan Berpeluang Turun Jadi Level 3Wali kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman (Dok. istimewa)

Hal tersebut dikarenakan tingkat Bed Occupancy Rate (BOR), dan jumlah kasus harian yang melandai. Sehingga Bobby mengklaim BOR saat ini di bawah 30 persen.

"BOR kita sudah di bawah 30 persen, hanya BOR ICU saja yang masih di atas 30 persen," ujar Bobby.

Baca Juga: Daerah PPKM Level 2 dan 3 di Sumut Diizinkan Belajar Tatap Muka

2. Kepastian untuk Kota Medan PPKM turun level menunggu dari kementerian

Wali Kota Bobby Sebut PPKM di Medan Berpeluang Turun Jadi Level 3Wali kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman (Dok. istimewa)

Bobby mengatakan, terkait kepastian untuk Kota Medan PPKM Level 4 atau turun menjadi PPKM Level 3 masih menunggu keputusan dari Kementerian.

"Kita masih menunggu keputusan dari Kementerian, karena itu yang memutuskan bukan dari kita," tuturnya.

Menurut Bobby, saat ini pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tengah melakukan penyesuaian data bersama 33 Kabupaten/Kota lainnya di Sumut.

"Sang ini kita bersama provinsi (Sumut) lagi rapat mengenai pendataan dan perbaikan data yang ada di Kota Medan khususnya, karena ada beberapa daerah juga selain Kota Medan yang sedang melakukan perbaikan data," ujar Bobby.

3. Bobby akui saat penyesuaian data terdapat penurunan jumlah kasus

Wali Kota Bobby Sebut PPKM di Medan Berpeluang Turun Jadi Level 3Suasana rapat DPRD Kota Medan (Dok. Istimewa)

Dirinya juga mengakui bahwa, setelah dilakukan penyesuaian data terdapat penurunan total jumlah kasus dari 7 ribu menjadi 2 ribu kasus.

"Dan ini sudah terkonfirmasi dengan hasil swab PCR, ini ada 6 ribu lebih ini ada di masuk bagian sembuh. Ini hasil PCR-nya dan yang lebih dari 10 hari masuk kategori sembuh," tutur Bobby.

"Ini datanya masih kita koordinasikan dengan Provinsi Sumut karena perlu saya sampaikan, masyarakat yang mrlakukan swab antigen atau PCR secara mandiri di luar puskesmas ini pelaporan dari setiap masing-masing faskesnya itu laporan ke provinsi karena aturan dari kemenkesnya seperti itu. Namun beberapa kali memang sudah kita minta agar laporannya masuk ke Kota Medan juga biar pendataan ini untuk respon lebih cepat," tambahnya.

Baca Juga: Data COVID-19 Sumut Diakui Kacau, Gubernur Edy: Capek Sekali

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya