Wali Kota Bobby Copot Kepling yang Pungli, Urus KK Rp1,7 Juta

Bobby minta Kepling kembalikan uangnya

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mencopot Sulistyo sebagai Kepala Lingkungan (Kepling) VIII, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur,  Selasa (11/1/2022). Hal ini dikarenakan telah melakukan pungutan liar (pungli) saat warga ingin mengurus administrasi kependudukan.

1. Warga akui telah dua kali memberi uang dengan total Rp1,7 juta

Wali Kota Bobby Copot Kepling yang Pungli, Urus KK Rp1,7 JutaWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat melakukan sidak (Dok. Istimewa)

Sulis tega meminta uang kepada warga bernama Ian, yang ingin mengurus KK dan KTP keluarganya. Dengan dalih tak ada data di Disdukcapil, dan meminta Rp1,7 juta agar urusan selesai. Ian mengaku dua kali membayar agar KK dan KTP-nya beres. Pertama Rp1 juta kemudian Rp700 ribu.

"Urusnya Agustus 2021 lalu Pak. Baru berani lapor sekarang setelah saya baca berita di Medsos. Saya beranikan lapor ke DM (direct message) IG (instagram) Bapak. Alhamdulillah langsung direspon. Terima kasih perhatian Pak Wali," kata Ian yang juga mengirim bukti video kepada Bobby.

"Iya saya baca DM kamu. Saya lihat langsung. Sekarang warga sudah mudah kalau mau melapor. Jangan ada pungli lagi. Selalu saya sampaikan ini, masih ada juga yang pungli. Rp1,7 juta itu besar loh, kasian masyarakat," jawab Bobby sembari menasehati Kepling tersebut di depan Lurah dan Camat Medan Timur.

Baca Juga: 5 Pejabat dengan Video Parodi "Yang Terdalam" Noah, Termasuk Bobby

2. Bobby minta Kepling kembalikan uangnya

Wali Kota Bobby Copot Kepling yang Pungli, Urus KK Rp1,7 JutaWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat melakukan sidak (Dok. Istimewa)

Tak ingin hal seperti ini kembali terulang, Bobby minta agar Kepling itu mengembalikan uang sebesar Rp1,7 juta tersebut besok.

"Tolong besok dikawal ini Pak Lurah. Kalau tak dibayar ini korbannya dampingi lapor polisi. Pak Kepling ini sudah melanggar hukum," lanjut Bobby.

Bobby mengatakan bahwa, dirinya telah merespon laporan warga via DM dengan bukti valid dan juga perintahkan Camat Medan Timur Alfi Pane agar mengganti Kepling yang lebih baik lagi.

"Urus surat tak ada biaya sama sekali itulah pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Harus copot itu karena sudah saya sampaikan berkali-kali jangan ada pungli dan korupsi. Ini dilanggar lagi," tegas Bobby.

3. Warga juga akui tak dapat PKH sejak kepling tersebut menjabat

Wali Kota Bobby Copot Kepling yang Pungli, Urus KK Rp1,7 JutaWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat melakukan sidak (Dok. Istimewa)

Uniknya, warga setempat yang mengetahui sidak Bobby telah menunggu di luar Kantor Lurah Pulo Brayan Bengkel. Ketika Bobby keluar kantor warga pun bersorak senang.

"Terima kasih Pak Wali, kami tak dapat PKH sejak Kepling itu di sini Pak. Cocok itu Pak, copot saja," kata ibu-ibu warga setempat.

Baca Juga: Lantik 13 Kepala Dinas dan Pejabat Pemko Medan, Bobby: Jangan Pungli!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya