Sofyan Tan Inisiasi Kampus ST Bhinneka, Ini Pesan Menteri Nadiem

Ada 7 program studi (prodi) dengan konsep merdeka belajar

Medan, IDN Times - Setelah sukses membangun Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), anggota DPR RI, Dr Sofyan Tan kini akan membangun kampus dengan nama Universitas Satya Terra Bhinneka atau ST Bhinneka. Hal ini disampaikannya saat kata sambutan, di hadapan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Menristek) Nadiem Makarim dalam rangka perayaan HUT ke-35 Tahun YPSIM, pada Kamis (25/8/2022).

Sofyan Tan mengatakan bahwa, Universitas ST Bhinneka akan menjadi kampus merdeka bagi warga yang tak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

1. Universitas Satya Terra Bhinneka miliki makna dengan konsep merdeka belajar

Sofyan Tan Inisiasi Kampus ST Bhinneka, Ini Pesan Menteri NadiemMenteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Menristek) Nadiem Makarim saat hadiri HUT ke 35 tahun Yayasan Iskandar Muda (IDN Times/Indah Permata Sari)

Penerapan nama Satya Terra Bhinneka pada Universitas yang akan dibangun menjadi bagian dari komitmennya untuk tetap menempatkan nilai kebaikan, kesetiaan (Satya) dan kejujuran yang sangat penting bagi generasi emas ke depan.

Terra memiliki arti bumi yang diharapkan generasi kedepan tetap mencintai bumi, dan tanah dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Kemudian, Bhinneka adalah keberagaman yang diharapkan agar ditengah berbagai perbedaan yang ada, maka persatuan dan kesatuan tetap menjadi hal yang diutamakan.

"Ini menggambarkan keinginan kita bahwa generasi penerus memiliki kesetiaan dalam menjaga bumi mulai dari tingkat nasional hingga internasional dan tetap tidak meninggalkan budaya Indonesia. Konsep kampusnya tetap konsep merdeka belajar seperti yang dicanangkan Pak Nadiem Makarim," katanya.

Sofyan Tan mengatakan, nantinya, Universitas Satya Terra ini akan memiliki tujuh program studi (prodi) yakni S1 Pendidikan Guru SD, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Sistem Informasi, S1 Ilmu Hukum, S1 Seni Kuliner dan S1 Destinasi Wisata. Prodi-prodi ini akan dibuka secara berkala pada tahun 2022-2034.

Baca Juga: 5 Istilah Kampus yang Identik dengan Mahasiswa Saintek

2. Mendikbudristek apresiasi pembangunan Universitas ST Bhinneka

Sofyan Tan Inisiasi Kampus ST Bhinneka, Ini Pesan Menteri NadiemMenteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Menristek) Nadiem Makarim saat hadiri HUT ke 35 tahun Yayasan Iskandar Muda bersama Sofyan Tan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengatakan, mengapresiasi dan optimis pada pembangunan Universitas ST Bhinneka yang mampu mewujudkan semangat kampus merdeka belajar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan tuntutan zaman.

"Perguruan tinggi harus mampu menghilangkan sekat antara dunia profesi dengan dunia industri. Bahwa akan banyak praktisi yang akan mengajar di kampus dan sekolah sebaliknya akan banyak guru dan dosen yang akan mencari pengalaman di dunia industri. Ini adalah semangat kampus merdeka belajar yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi keilmuan dan pengalaman bagi masyarkat Indonesia," kata Nadiem.

3. Nadiem beri pesan 3 poin penting yang memicu persoalan dunia pendidikan

Sofyan Tan Inisiasi Kampus ST Bhinneka, Ini Pesan Menteri NadiemPeletakan batu pertama Universitas Satya Terra Bhinneka (IDN Times/Indah Permata Sari)

Nadiem juga menitipkan pesan agar seluruh kampus di Indonesia tetap memperhatikan tiga poin penting yang kerap memicu persoalan dalam dunia pendidikan. Tiga poin tersebut yakni intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan (bully) dan meminta agar seluruh pengelola perguruan tinggi memperhatikan tiga hal tersebut.

Nadiem meminta semua pemimpin Yayasan mengambil peran aktif dalam menghilangkan tiga masalah ini.

"Dengan komitmen dan dukungan dari semua pihak, saya yakin hal itu dapat dilakukan. Secara khusus saya optimis, Universitas ST Bhinneka akan menjadi kampus penggerak yang berdampak besar mentransfer sistem pendidikan yang lebih inklusif dalam mendorong kolaborasi dan inovasi," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Sepatu Supaya Awet Sesuai Bahan, Jangan Keliru!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya