MTQ Medan Digelar 2 Lokasi, Bobby: Jadi Tiket Masuk Sekolah Favorit

Digelar secara live streaming

Medan, IDN Times - Meski pandemik COVID-19 masih berada di tengah masyarakat. Namun, Pemerintah Kota Medan tetap melakukan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-54 Kota Medan tahun 2021 tetap digelar di dua lokasi yakni Asrama Haji dan Sekolah Al-Azhar Medan.

"Jangan hanya dapat piagam Wali Kota Medan, tapi piagam ini bisa dijual, bukan dalam bentuk uang. Tapi, bisa menjadi tiket masuk ke sekolah atau perguruan tinggi favorit," ujar Bobby.

Acara ini dihadiri oleh Pemerintah Kota Medan yakni Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, Ketua PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, juga Wakil Ketua PKK Kota Medan Shaula Ardianti.

1. MTQ ke-54 digelar secara live streaming dan terapkan prokes

MTQ Medan Digelar 2 Lokasi, Bobby: Jadi Tiket Masuk Sekolah FavoritPemerintah Kota Medan foto bersama usai pembukaan acara MTQ ke-54 di Asrama Haji (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Kegiatan MTQ ke-54 digelar secara berbeda dari tahun lalu dengan dilakukan live streaming melalui akun Youtube MTQ ke-54 Tahun 2021.

"Bisa ditonton di luar masyarakat kota Medan bahkan global. Karena kita virtual online semua. Ini tentunya juri double, masyarakat juga bisa menilai," ucap Bobby dalam kata sambutan.

Baca Juga: Viral Usai Diminta Buka Cadar, Muyasaroh Sampai Gak Mau Ikut MTQ Lagi

2. Piagam pemenang peserta akan jadi tiket masuk sekolah atau pergiruan tinggi favorite

MTQ Medan Digelar 2 Lokasi, Bobby: Jadi Tiket Masuk Sekolah FavoritWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution lakukan pembedug-an sebagai bentuk pembukaan MTQ Ke-54 di Asrama Haji (IDN Times/Indah Permata Sari)

Diharapkan piagam para pemenang nantinya dari peserta tak hanya menjadi kebanggaan. Namun, juga menjadi tiket masuk ke sekolah dan perguruan tinggi favorite.

"Setiap pemenang kita kasih piagam dari Wali kota Medan, kita ingin sekali piagam itu nanti bisa menjual ada nilainya. Selain itu, nilai kebanggaan selain nilai apresiasi kita tapi juga ada nilai untuk bisa mereka kedepannya ada yang lebih jenjangnya lebih jelas," tambahnya.

3. Antusias peserta MTQ tahun ini berkurang

MTQ Medan Digelar 2 Lokasi, Bobby: Jadi Tiket Masuk Sekolah FavoritCamat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi saat beri keterangan MTQ ke-54 (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Sementara itu, Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi mengatakan bahwa perbedaan kali ini kegiatan MTQ bersifat virtual dengan disiarkan secara live steaming setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Menurutnya para peserta yang ikut tak seantusias tahun sebelumnya. "Tahun ini berkurang. Hanya 500-an orang. Biasanya sampai seribuan. Hari ini pembukaannya besok mulai pelaksanaan pertandingan di 14 lokasi dengan 2 tempat utama yakni Asrama Haji ada 5 tempat dan Sekolah Al-Azhar ada 9 tempat," jelasnya.

Untuk penilaian nantinya para peserta dari Lembaga Tilawahtil Qur'an (LPTQ). "Harapan kita semua bahwa, kaum muslim lebih memaknai arti isi Al-Qur'an, dibaca, dihayati, diimankan dan dijalankan," ucapnya.

Baca Juga: 28 Ranperda Medan Dibahas Tahun Ini, Bobby Targetkan 5 Poin Prioritas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya