Mobil Dinas Pemko Medan Dilelang, Diganti Mobil Listrik untuk 2023

Aturan pelelangan mobil minimal 7 tahun

Medan, IDN Times - Puluhan mobil Dinas Pemko Medan akan segera dilelang, pada Selasa (20/9/2022). Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan bahwa dirinya telah menginstruksikan Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman untuk menindaklanjuti kewenangan tentang pergantian mobil dinas menjadi mobil listrik.

Hal ini dinilai menjadi terobosan yang sangat luar biasa, untuk aktivitas penggunaan BBM didaerah khususnya pada Pemerintahan.

“Mobil listrik, ya kemaren sudah minta ke pak Sekda untuk menindaklanjuti tentang pergantian residen (kewenangan) tentang pergantian mobil dinas dengan BBM menjadi mobil listrik jadi kami Pemko Medan menyambut baik, karena ini sangat terobosan yang sangat luar biasa untuk aktivitas penggunaan BBM didaerah khususnya pada Pemerintahan," jelasnya.

1. Kendaraan yang akan dilelang minimal 7 tahun

Mobil Dinas Pemko Medan Dilelang, Diganti Mobil Listrik untuk 2023Ilustrasi harga listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Pemko Medan telah melakukan diskusi dalam pelelangan. Bobby mengatakan bahwa, untuk pelelangan ini memiliki aturan salah satunya kendaraan yang akan dilelang minimal 7 tahun.

"Kita sudah diskusi kemarin, saya minta pak Sekda untuk mencoba untuk melelang hari ini mobil dinas yang digunakan Wali Kota, Wakil Wali Kota Medan, Sekda dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Medan untuk dilihat dulu mana yang sudah bisa dilelang, karena ada aturannya minimal 7 tahun baru bisa dilelang," ucap Bobby.

Baca Juga: Ini Arti Nama Anak Ketiga Bobby Nasution - Kahiyang Ayu

2. Pelelangan akan dilakukan pihak lain yang ditunjuk Pemko Medan

Mobil Dinas Pemko Medan Dilelang, Diganti Mobil Listrik untuk 2023Dok. Istimewa / Garuda Indonesia

Penilaian untuk pelelangan kendaraan tersebut, Bobby mengakui bahwa ada pihak atau tim khusus dari Pemko Medan yang akan melakukannya.

"Mana mobil yang digunakan oleh tadi saya sebutkan, itu mana yang sudah bisa dilelang. Mohon coba dilakukan penilaian karena yang lelang bukan kami yang menilai itu pihak lain yang ditunjuk oleh Pemerintah Kota untuk menilai dan bisa dilelang," tambahnya.

3. Akan ada pembelian mobil listrik untuk perjalanan dinas di tahun 2023

Mobil Dinas Pemko Medan Dilelang, Diganti Mobil Listrik untuk 2023Dok. Istimewa / Garuda Indonesia

Hasil dari pelelangan nantinya, jika telah memiliki kelengkapan. Makan ditahun 2023 akan merencanakan pembelian mobil listrik untuk dinas. 

"Nanti uangnya, ditahun 2023 mudah-mudahan nanti masih bisa sempat, masih kelengkapan perencanaan ini bisa kita lakukan pembelian mobil dinas mobil listrik," tutupnya.

Baca Juga: Sel Surya sebagai Sumber Listrik Alternatif ketika Listrik Mati

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya