Comscore Tracker

Mendag Lufti Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Idul Adha

Salah satu bahan pokok tetap terjaga pasokannya adalah gula 

Medan, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan berbagai harga pangan atau barang kebutuhan pokok akan stabil dengan ketersediaan pasokan aman, saat menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

"Ya, ini kan salah satu perayaan Hari Besar Nasional. Kita kan, wajib menjaga. Insya Allah, stoknya ada dan terjamin," terang Lufti ketika mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN ke-7 di eks Bandara Polonia Medan, pada Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga: Wali Kota Bobby Janji Hidupkan Taman Lili Suheri untuk Pelaku Kreatif

1. Kemendag akan lakukan pemantauan harga bahan pokok jelang Idul Adha

Mendag Lufti Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Idul AdhaPedagang sembako. (IDN Times/Holy Kartika)

Meski perayaan bagi umat muslim tak sampai satu bulan lagi. Lutfi menegaskan, pihaknya dari Kementerian Perdagangan RI tetap melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan bahan pokok maupun ketersediaan di pasaran Tanah Air jelang Idul Adha.

"Insya Allah, karena stok terjamin, maka harga terjangkau. Kita tidak ada impor, dan semuanya biasa. Seperti beras, kita panen tahun ini bagus sekali. Jadi saya tidak menghitung oleh adanya impor," ujar Lutfi.

2. Pasokan dari daerah tersedia dan lancar dapat meredam gejolak harga di pasaran

Mendag Lufti Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Idul AdhaIlustrasi. Warga membawa sembako yang dibeli di Pasar Murah di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut pada Ramadan tahun lalu (Mirza Baihaqie for IDN Times)

Masih dalam penjelasan Lutfi, dengan adanya ketersediaan kebutuhan pokok dan lancarnya pasokan dari daerah sentra produksi komoditi. Maka, hal ini bisa meredam gejolak harga di pasaran meski masih momen di tengah pandemik COVID-19.

"Untuk gula dan bahan-bahan pokok lainnya, mudah-mudahan aman. Karena menurut perhitungan (produksi) gula pada tahun ini, tidak lebih buruk dari tahun sebelumnya. Jadi, mestinya semuanya aman," katanya.

3. Salah satu bahan pokok tetap terjaga pasokannya adalah gula pasir

Mendag Lufti Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Idul AdhaIlustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Adapun untuk komoditas yang aman dan stabil menjelang Idul Adha seperti gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam dan lain sebagainya yang dipastikan tetap terjaga pasokannya.

"Karena menurut perhitungan (produksi) gula pasir kita pada tahun ini, tidak lebih buruk dari tahun sebelumnya. Jadi, mestinya semuanya aman," tutupnya.

Baca Juga: Kahiyang Ayu Pimpin Yayasan Kanker di Medan, Ini Pesan Istri Gubernur

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya