KLB di Sumut, Gubernur Edy: Itu Tidak Benar, Siapapun Dia 

Edy sebut KLB langgar aturan presiden soal prokes

Medan, IDN Times - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengatakan penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sibolangit, Deli Serdang, 5 Maret 2021 lalu merupakan perbuatan yang tak benar. Sebab, ia selaku Gubernur Sumut dan juga Kasatgas COVID-19 Sumut tak mendapatkan informasi penyelenggaraan tersebut.

"Yang pastinya itu adalah perbuatan yang tidak benar, siapapun dia. Gubernur selaku Kasatgas menjalankan peraturan Presiden, tidak diperbolehkan, apalagi dia tidak ada izin,” ucap Edy, pada Selasa (9/3/2021).

Untuk itu, Edy akui akan mempelajari dugaan pelanggaran protokol kesehatan, saat penyelenggaran Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

1. Edy tegaskan tak terima izin tentang penyelenggaraan KLB dan tak keluarkan surat izin

KLB di Sumut, Gubernur Edy: Itu Tidak Benar, Siapapun Dia Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah saat menerima bantuan dari HIPMI Sumut dan Yayasan Budha Tzu Chi (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Masih dalam penjelasannya, Edy menegaskan ia tak pernah menerima izin tentang penyelenggaran KLB tersebut, sehingga dirinya tak pernah mengeluarkan izin. Karena sepengetahuannya KLB memiliki mekanisme dalam penyelenggaraan.

“KLB itu ada mekanismenya, dan Gubsu yang punya wilayah harus diberikan informasi apalagi Gubsu selaku kasatgas. Jadi tidak ada KLB, Sumatera Utara jangan dijadikan ajang kegiatan yang tidak sah,” jelas Edy.

Baca Juga: Satgas: Pasien Corona B117 di Sumut Sembuh, Warga Jangan Panik!

2. Penyelenggaraan KLB sudah melanggar penegakan aturan presiden

KLB di Sumut, Gubernur Edy: Itu Tidak Benar, Siapapun Dia Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Toba Lilin 2020 di Markas Kepolisian Daerah Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (21/12/2020). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut : Veri Ardian)

Menurutnya, hal ini sudah melangar ataupun melawan di wilayah Sumut dalam menegakkan aturan Presiden Republik Indonesia.

"Mereka harus melakukan itu, siapapun dia yang melawan aturan-aturan ya berhadapan dengan mereka," tegasnya.

Sebelumnya tim Satgas COVID-19 Sumut sempat bergerak ke lokasi di The Hill Hotel, Sibolangit. Namun pada akhirnya panitia tetap menggelar gawean tersebut. Diketahui ada ratusan orang berkumpul di acara tersebut. 

3. Edy: Itu adalah perbuatan-perbuatan yang tidak benar, siapapun dia

KLB di Sumut, Gubernur Edy: Itu Tidak Benar, Siapapun Dia Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Toba Lilin 2020 di Markas Kepolisian Daerah Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (21/12/2020). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut : Veri Ardian)

Dari kejadian ini, Edy mengatakan akan mempelajari ke depannya bagaimana. Hal ini dikarenakan sebagai Kasatgas hanya menjalankan peraturan Presiden RI.

"Belum. Nanti kita pelajari. Yang pastinya itu adalah perbuatan-perbuatan yang tidak benar. Siapapun dia. Selaku Kasatgas menjalankan peraturan Presiden tidak diperbolehkan apalagi dia tidak di sini," tegas Mantan Pangkostrad itu.

Baca Juga: Buntut KLB di Deli Serdang, Demokrat Pecat 2 Ketua DPC Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya