Jemaah Muhammadiyah Sumut Padati  Salat Idul Adha di Lapangan Astaka 

Penyembelihan kurban diharapkan sesuai syariat

Medan, IDN Times - Sebanyak 75 lokasi Salat Idul Adha Muhammadiyah merayakan Idul Adha 1444 Hijriah digelar, Rabu (28/6/2023). Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumatra Utara memusatkannya di Lapangan Astaka, Jalam Willem Iskandar Pasar V, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dari pantauan IDN Times di lokasi, ratusan jemaah menunaikan ibadah salat. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Hasyimsyah Nasution mengatakan, digelarnya pelaksaan salat ini sudah dari hasil perhitungan hisab.

1. Jemaah diharapkan bisa meresapi semua isi ceramah

Jemaah Muhammadiyah Sumut Padati  Salat Idul Adha di Lapangan Astaka Suasana solat Idul Adha di Lapangan Astaka, Deli Serdang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Hasyimsyah juga mengatakan agar para jemaah yang menunaikan salat di Lapangan Astaka tadi untuk bisa meresapi semua isi ceramah.

"Mari diresepai semua isi khutbah itu, mari kita mencontoh ketauladanan," ujarnya.

Adapun isi ceramah yang dimaksud adalah, bagaimana berkeluarga yang baik dan taat terhadap ajaran Allah swt.

Baca Juga: 75 Titik Lokasi Salat Idul Adha Muhammadiyah di Medan Beserta Khatib

2. Penyembelihan kurban diingatkan untuk sesuai tata cara syariat islam

Jemaah Muhammadiyah Sumut Padati  Salat Idul Adha di Lapangan Astaka Suasana solat Idul Adha di Lapangan Astaka, Deli Serdang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain itu, dia juga mengingatkan, dalam penyembelihan kurban nantinya agar bisa sesuai pada tata cara syariat islam.

"Mudah-mudahan masyarakat terutama disekitar kita, merasakan keberagaman yang semakin lama tumbuh dibangsa ini semakin baik," tambahnya.

3. Ke depannya bangsa Indonesia bisa semakin menghargai perbedaan

Jemaah Muhammadiyah Sumut Padati  Salat Idul Adha di Lapangan Astaka Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Hasyimsyah Nasution (IDN Times/Indah Permata Sari)

Hasyimsyah berharap ke depannya bangsa Indonesia semakin saling menghargai satu sama lain.

Pelaksaan salat Idul Adha ini digelar tampak khusyuk dan hikmat. Selain di Masjid, beberapa titik lokasi digelarnya salat Idul Adha Muhammadiyah digelar mulai dari masjid, lapangan, pelataran sekolah atau rumah sakit.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Daerah Indonesia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya