Comscore Tracker

Cerita Ayu, Petugas PLN UP3 Medan yang Diludahi Pelanggan

Sebelum diludahi, HP Ayu hendak direbut oleh pelanggan

Medan, IDN Times - Ayu Miranda adalah petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Medan yang diludahi pelanggan saat meminta tagihan iuran listrik.Videonya viral di jagat maya. 

Ayu menceritakan kronologi kejadian saat tidak mendapat perlakukan baik dari pelanggan yang ditagih iurannya.

1. Ayu awalnya sempat diusir pelanggan

Cerita Ayu, Petugas PLN UP3 Medan yang Diludahi PelangganIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Ayu menceritakan awal kejadian saat mendatangi pelanggan dengan cara yang sopan dan juga dengan surat petugas dari pihak kantornya PLN. Namun, kedatangannya mendapat perlakuan yang tak menyenangkan hingga diusir.

"Awal kejadiannya kami petugas PLN dengan surat petugas dan surat perintah kerja kami mendatangi pelanggan. Tentu saja kamu mendatangi dengan cara yang sopan. Lalu, memang saat itu kami menerima perlakuan, yang memang tak menyenangkan dari awal dengan memaki dan mengusir kami," kata Ayu.

2. Ayu dan tim telah memberi pilihan kepada pelanggan agar dapat dilunasi atau diputus sementara

Cerita Ayu, Petugas PLN UP3 Medan yang Diludahi PelangganIlustrasi Kabel (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Ayu, kedatangannya bersama tim sudah mengedukasi dan menjelaskan dengan baik kepada pelanggan serta memberikan pilihan.

"Sebenarnya untuk dilunasi atau akan dilakukan pemutusan sementara. Tetapi memang pada saat itu pelanggan sepertinya marah, dan tak terima. Dia mengusir kami dan melakukan tindakan-tindakan yang saya rasa tindakan kekerasan dengan melempar batu, memaki, dan terakhir saya diludahi," tutur Ayu.

Baca Juga: Viral! Tagih Iuran Listrik, Petugas PLN Malah Diludahi Pelanggan

3. Sebelum diludahi, HP Ayu hendak direbut oleh pelanggan

Cerita Ayu, Petugas PLN UP3 Medan yang Diludahi PelangganIlustrasi Kabel (IDN Times/Sukma Shakti)

Ternyata hal ini membuat pelanggan semakin emosi, dan hendak merebut HP milik Ayu.  Kemudian dia malah diludahi dan dimaku.

"Karena saya mempertahankan HP saya pada saat itu. Dia ingin merebut HP saya dan akhirnya diludahi. Pada saat itu persis di kaca mobil, saya dipukul berulangkali sebenarnya," ujar Ayu.

"Yang pasti saat itu saya langsung ke Polsek Medan Kota untuk melaporkan tersangka karena merupakan tindakan kekerasan juga menghalangi kami sebagai petugas negara," tambahnya.

4. Ayu berharap pelanggan bisa sopan kepada petugas

Cerita Ayu, Petugas PLN UP3 Medan yang Diludahi PelangganDok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Ayu mengatakan, dirinya telah melakukan swab sebelum bertemu dengan pelanggan. "Kebetulan saya sudah swab hari ini, kalau pelaku saya kurang tahu. Saya masih tunggu hasilnya (hasil swab Ayu)," ungkap Ayu sebagai korban.

Ke depannya, ia berharap para pelanggan PLN di seluruh Indonesia bisa bekerjasama untuk memberikan kemudahan bagi petugas dengan cara sopan. "Harapan ke depannya semoga pelanggan-pelanggan PLN diseluruh Indonesia sudah diberikan kemudahan kita juga datang dengan cara sopan dan memberikan edukasi. Sebaiknya tidak dilakukan kekerasan kepada petugas. Kita juga menjalankan tugas negara, mempermudah para pelanggan untuk memenuhi kewajibannya (mengingatkan pelanggan). Maka setidaknya janganlah melakukan kekerasan karean kita juga sama-sama manusia," harapnya.

Baca Juga: Minta Masyrakat Dirumah Saja, PLN Janji Pasokan Listrik Aman

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya