Calon Haji Paluta Wafat di Asrama, Rencananya Berangkat dengan Istri

Almarhum memiliki riwayat sakit jantung

Medan, IDN Times - Kabar duka menyelimuti jemaah haji tahun 1444H wilayah Sumatra Utara. Seorang calon jemaah haji kloter 20 asal Kabupaten Padang Lawas Utara meninggal dunia di Asrama Haji Medan, Selasa (13/6/2023).

Almarhum bernama Manga Raja Buaya Harahap, meninggal sekitar pukul 11.15 wib tutup usia 89 tahun dengan nomor manifest 237. Manga adalah jemaah haji kedua yang meninggal di Asrama Haji Medan.

1. Diduga almarhum sempat terjatuh

Calon Haji Paluta Wafat di Asrama, Rencananya Berangkat dengan IstriKepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara, Safiruddin (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara (Kakan Kemenag Paluta) Safiruddin menyampaikan, Manga Raja Buaya sebelumnya memiliki riwayat sakit jantung, dan berdasarkan keterangan petugas ia sempat terjatuh.

"Kita belum dapat keterangan secara rinci jatuh yang bagaimana, tapi memang almarhum sudah sakit," ujarnya.

Selanjutnya, dijelaskan Safiruddin jenazah akan langsung diantarkan ke kampung halaman.

"Sudah diskusi dengan keluarga, di sana sudah dinanti keluarga, ambulan antar langsung sampai kampung," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Berangkat, Jemaah Haji asal Langkat Meninggal di Asrama Haji

2. Manga Raja seharusnya berangkat ke tanah suci bersama sang istri

Calon Haji Paluta Wafat di Asrama, Rencananya Berangkat dengan IstriIstri almarhum Manga Raja (kanan) berduka ditinggal suami jelang berangkat ke tanah suci (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kepergian Manga Raja memberi duka bagi sang Istri Maylan Siregar, pasalnya ia akan berangkat ke tanah suci berdua dengan istri.

Namun, takdir harus berkata lain, dengan segala perdebatan panjang bersama keluarga dan Maylan dengan ikhlas tetap melanjutkan perjalanan.

"Tadi sudah bincang dengan istri, akhirnya dia memutuskan ikhlas untuk tetap melanjutkan perjalanan ke tanah suci," ungkap Safiruddin.

Keluarga almarhum, Samarudin Siregar mengatakan, belum ada keputusan dari seluruh keluarga bagaimana nantinya status badal haji dari almarhum.

"Masih kita diskusikan dengan keluarga bagaimana badal hajinya nanti," ujarnya.

3. Sebelumnya, Manga Raja Buaya Harahap direncanakan berangkat bersama dengan kloter 21

Calon Haji Paluta Wafat di Asrama, Rencananya Berangkat dengan IstriIstri almarhum Manga Raja (kanan) berduka ditinggal suami jelang berangkat ke tanah suci (IDN Times/Indah Permata Sari)

Samarudin juga mengatakan kondisi kesehatan almarhum sebelumnya memang sudah tidak sehat. Sejak keberangkatan dari rumah sudah terlihat.

"Kondisi memang sudah tidak sehat, dari rumah itu batuk-batuk dan tidak selera makan. Saya sendiri tidak thau bagaimana meninggalnya, tapi tadi dapat kabar sudah meninggal dunia," pungkasnya.

Manga Raja Buaya Harahap direncanakan akan berangkat bersama dengan kloter 21, yang dijadwalkan menuju Jeddah, Rabu (14/6/2023) pada pukul melalui bandara Kualanamu.

Saat ini, para jemaah haji sedang dalam peristirahatan untuk nanti malam pelepasan berangkat menuju Bandara Kualanamu.

Baca Juga: Pemeriksaan Tas dan Koper Jemaah Medan, Ada Gunting hingga Ikan Kaleng

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya