Begini Suasana Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Deli Serdang

Anak-anak dibekali masker dan hand sanitizer

Deli Serdang, IDN Times - Hari pertama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Deli Serdang, Senin (6/9/2021) berlangsung lancar. Sekolah Darul Ilmi Murni (DIM) di Jalan Karya Jaya/Jalan Besar Namorambe, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara adalah salah satu sekolah yang memulai belajar tatap muka. 

Dengan menerapkan protokol kesehatan, para siswa sekolah dasar (SD) tampak memasuki areal sekolah diantar orangtua masing-masing.

1. Siswa dibagi dalam dua kelompok, dari pagi hingga siang

Begini Suasana Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Deli SerdangIlustrasi hari pertama masuk sekolah tatap muka di Deli Serdang (Dok. Istimewa)

Tepat di depan pintu gerbang, pihak sekolah memeriksa suhu tubuh siswa yang akan memasuki pekarangan sekolah. Lalu, mengimbau siswa agar tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Murid di sekolah ini dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok pertama masuk pada pagi hari dan pulang sekitar pukul 09.30 WIB, dan kelompok dua masuk pukul 10.30 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB.

2. Orangtua akui anaknya antusias untuk sekolah tatap muka

Begini Suasana Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Deli SerdangIlustrasi pembelajaran tatap muka (dokumen)

Nurhayati, salah satu orangtua siswa mengungkapkan, beberapa hari sebelum pelaksanaan PTM terbatas anaknya kerap bertanya soal jadi tidaknya masuk sekolah.

"Sudah lama kan gak sekolah. Bahkan sejak pertama kali daftar belum ada masuk sekolah. Makanya begitu dapat kabar akan dilakukan belajar tatap muka di sekolah, anak saya sangat antusias dan gembira. Dalam seminggu ini pasti setiap harinya nanya apa jadi masuk sekolah," ungkap orangtua murid kelas II SD ini.

Baca Juga: SMA Sederajat di Langkat Mulai Belajar Tatap Muka

3. Orangtua bekali anak dengan masker dan hand sanitizer

Begini Suasana Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Deli SerdangIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, ia mengakui telah membekali anaknya dengan menyediakan masker dan juga hand sanitizer.

"Iya dari rumah itu saya udah siapkan di dalam tasnya masker ganti dan juga hand sanitizer. Supaya protokol kesehatan tetap terjaga dengan baik," tuturnya.

4. Pihak Satgas Kabupaten Deli Serdang akui telah monitoring sekolah untuk terapkan prokes

Begini Suasana Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Deli SerdangSejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN Pondok Labu 14 Pagi, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021). Sebanyak 610 sekolah di Ibu Kota menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sedangkan Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Deli Serdang, Zainal Abidin Hutagalung mengaku, pihak satgas telah melakukan monitoring ke sekolah-sekolah dalam penerapan protokol kesehatan di hari pertama pelaksanaan belajar tatap muka terbatas.

"Hari ini sejumlah sekolah sudah memulai PTM Terbatas, sebab Deli Serdang berada dalam zona oranye. Dari hasil pantauan kita, pelaksanaan PTM Terbatas ini berjalan dengan baik dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," kata Hutagalung.

5. Diharapkan sekolah tatap muka tak jadi klaster penyebaran COVID-19

Begini Suasana Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Deli SerdangIlustrasi belajar tatap muka di sekolah. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Hutagalung mengimbau ke depan agar pihak sekolah tetap mengikuti prokes ketat, dan juga orangtua siswa dapat membantu pelaksanaan penerapan prokes dengan menyediakan masker cadangan dan juga hand sanitizer.

"Kita minta prokes ketat tetap dikedepankan dalam pelaksanaan PTM terbatas ini sehingga tidak menjadi klaster penyebaran, dan tren penurunan kasus bisa terus kita pertahankan," pungkasnya.

Baca Juga: Daerah PPKM Level 2 dan 3 di Sumut Diizinkan Belajar Tatap Muka

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya