5 Jemaah Haji Kloter 7 Medan Tertunda Berangkat karena Visa

Dijanjikan untuk berangkat pada kloter berikutnya

Medan, IDN Times - Seluruh jemaah haji di Embarkasi Medan, yang tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 7 hari ini seharusnya berangkat ke tanah suci. Namun, mereka gagal berangkat dan ditunda karena belum mendapatkan visa hingga saat ini Selasa (30/5/2023).

Sebelumnya,  jemaah haji yang telah tiba di embarkasi Medan sudah datang pada pukul 11.00 WIB Senin (29/5/2023). Mereka juga tetap melakukan pemeriksaan kesehatan seperti yang dilakukan calhaj pada umumnya.

1. Calhaj yang gagal berangkat dari kloter 7 dijanjikan untuk berangkat kloter berikutnya

5 Jemaah Haji Kloter 7 Medan Tertunda Berangkat karena VisaSuasana para calon jemaah Haji kloter 7 di embarkasi Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Para jemaah haji yang tergabung dalam kloter 7 ini, merupakan calon haji asal Kota Pematangsiantar dan Kota Medan. Mereka berjumlah 360 orang beserta para petugas yang ikut ke tanah suci.

Tercatat ada 7 orang yang tertunda keberangkatannya. Dua orang dinyatakan karena sakit dan 5 orang dinyatakan visanya belum keluar dari kedutaan Arab Saudi.

Hal ini juga dibenarkan oleh Humas Kementerian Agama, Yunus saat diminta konfirmasi.

“Visanya belum keluar dari kedutaan Arab Saudi, nanti dialihkan ke kloter berikutnya,” tulisnya sebagai keterangan pada awak media.

Baca Juga: Intip Pembuatan Gelang Jemaah Haji di Asrama Haji Medan

2. Keseluruhan yang berangkat sesuai jadwal 353 orang

5 Jemaah Haji Kloter 7 Medan Tertunda Berangkat karena VisaSuasana para calon jemaah Haji kloter 7 di embarkasi Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Keterangan ini dilihat dari data keberangkatan petugas dan jemaah calon Haji embarkasi Medan tahun 1444 H/ 2023 M kloter 7.

Jumlah jamaah Haji asal daerah Sumut kloter 7 dengan rincian Pematangsiantar jenis kelamin Pria 55 orang dan wanita 99 orang berjumlah 154 calhaj, untuk Kota Medan Pria 73 orang dan wanita 119 orang berjumlah 192 orang, ditambah dengan petugas daerah Kota Medan 2 orang dan petugas pusat 5 orang maka total keseluruhan 353 orang yang berangkat.

3. Nama-nama yang gagal berangkat pada kloter 7 di Sumut

5 Jemaah Haji Kloter 7 Medan Tertunda Berangkat karena VisaSuasana para calon jemaah Haji kloter 7 di embarkasi Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Mereka yang tertunda berangkat karena visa adalah  Kadiyah Kadiran Kasnin, Abdul Latif Rambe, Tuti Kemin Saekam, Delita Wati Muhammad Nasir dan Ika Diana.

Sedangkan dua orang lagi dinyatakan batal berangkat karena sakit sebelum asrama Haji atas nama Subrata Nata Lumbantobing dan Paenah Pai Abdullah.

Yunus menambahkan bahwa, pihaknya hingga saat ini masih menunggu informasi dari Kemenag Pusat terkait keberangkatan Calon jemaah Haji yang gagal karena visanya belum terbit. “Kami juga masih menunggu informasi dari pusat,” tambahnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter 7 Terkendala Visa, Dijanjikan Tetap Terbang Besok

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya