Ribuan Warga Medan Diberangkatkan Mudik Gratis

Dibagi dalam tiga periode pemberangkatan

Medan, IDN Times - Walikota Medan, Bobby Nasution melepas keberangkatan mudik gratis, untuk kali kedua di jalan Mesjid Raya Medan, pada Minggu (7/4/2024).

“Ini hari kedua, dari tiga hari yang kita selenggarakan mudik bersama Pemko Medan, besok hari terakhir,” ucapnya.

Baca Juga: SPMT Berangkatkan 5 Bus Mudik Gratis dari Medan ke Aceh dan Pekanbaru

1. Sebanyak enam ribu lebih penumpang dengan 12 rute

Ribuan Warga Medan Diberangkatkan Mudik GratisWalikota Medan, Bobby Nasution melepas mudik gratis (Dok. Ed)

Diungkapkannya, ada sebanyak 6.000 lebih para penumpang yang itu serta mudik. Ribuan penumpang ini dengan rute 12 Kabupaten Kota di Sumatera Utara, dan terjauh ke Mandailing Natal.

“Ya mudik lah, mudik berarti dari Medan menuju kampung halaman dari arus baliknya memang tidak kita akomodir karena kan baliknya ini pasti masing-masing,” jelas Bobby.

2. Diimbau kepada para pengemudi mengutamakan keselamatan

Ribuan Warga Medan Diberangkatkan Mudik GratisWalikota Medan, Bobby Nasution melepas mudik gratis (Dok. Ed)

Dia mengimbau kepada pengemudi untuk selalu mengutamakan keselamatan yang hendak pulang kampung bertemu keluarga.

“Insyaallah, makanya tadi saya sampaikan pesan kepada pengemudi, utamakan keselamatan, ini mau pulang kampung mau ketemu keluarga, bukan mau cepet-cepatan tapi mau selamat sampai tujuan,” katanya.

3. Dibagi dalam tiga periode pemberangkatan

Ribuan Warga Medan Diberangkatkan Mudik GratisWalikota Medan, Bobby Nasution melepas mudik gratis (Dok. Ed)

Sebelumnya, Pemko Medan telah melepas pemudik dihari pertama. Sebanyak 2.300 pemudik diberangkatkan. “Di mana pada hari ini ada diberangkatkan kurang lebih 2.300, besok kurang lebih 1.500, 2.200 pada hari Senin," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, pada Jumat (6/4/2024).

Dari total kuota pemudik yang disediakan Dishub Kota Medan akan dibagi ke dalam 3 periode pemberangkatan. Pemberangkatan pemudik dimulai dari Sabtu (6/4/2024) hingga (8/4/2024).

"Dari 6.000 ini ada 3 periode pemberangkatan yang kita buat yaitu hari Sabtu, Minggu, dan Senin tanggal 6,7,8 yang kita mulai dengan hari ini," sebutnya.

Adapun 12 kota mulai dari kota paling ujung Natal, Panyabungan, Sidempuan, Sibuhuan, sibolga terus sampai ke Dairi. Tahun ini yang banyak tetap Kabupaten Mandailing Natal, yang kedua itu Sibuhuan, Sidempuan dan Sibuhuan.

Terdapat 171 total armada yang akan diberangkatkan Pemkot Medan. Hari ini sudah diberangkatkan 65 armada, kemudian sisa armada akan diberangkatkan pada hari Minggu dan Senin.

Baca Juga: PT Pelni Medan Siapkan 11 Frekuensi Berlayar untuk Layani Pemudik

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya