Ribuan Pelari Ikut Run The City Berkonsep Point to Point di Medan

Bagian dari event lari LPS Monas Half Marathon 2024

Medan, IDN Times - Lebih dari 1.000 pelari mengikuti event Run The City Medan, dengan keseruannya untuk menempuh jarak total 5 kilometer, pada Minggu (5/5/2024).

Sebelumnya, event ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali menggelar event lari LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta. Selanjutnya, event ini digelar di Kota Medan, Sumatera Utara untuk menjadi tuan rumah pertama penyelenggaraan Run The City.

Hadir dalam pelepasan pelari (flag off) antara lain Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih, dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo.

Baca Juga: LPS Kucurkan Klaim Simpanan Milik Nasabah Rp237 Miliar

1. Run The City Medan berkonsep Point to Point

Ribuan Pelari Ikut Run The City Berkonsep Point to Point di MedanRun The City digelar di Medan (Dok. Tim penyelenggara for IDN Times)

Konsep Run The City Medan sendiri adalah point to point dimana pelari akan start pada pukul 06.30 WIB di Kantor Gubernur Sumatera Utara dan akan finish di Lapangan Benteng.

Rute menempuh sejumlah jalan utama Kota Medan, antara lain Jl Pangeran Diponegoro, Jl KH Zainul Arifin, Jl Teuku Cik Ditiro, Jl Jenderal Sudirman, dan Jl Pemuda, sebelum Finish di Lapangan Benteng.

Sepanjang rute yang dilalui, peserta juga dapat menikmati suasana pagi Kota Medan dengan sejumlah landmark antara lain Kantor Gubernur Sumut, kawasan Little India, Vihara Gunung Timur, Rumah Tjong A Fie dan Kawasan Kota Tua Kesawan. Tidak hanya itu, di sepanjang rute Run The City Medan akan ada beberapa titik cheering untuk menyemangati pelari.

2. Seribuan pelari disambut di Race Village

Ribuan Pelari Ikut Run The City Berkonsep Point to Point di MedanRun The City digelar di Medan (Dok. Tim penyelenggara for IDN Times)

Sehari sebelumnya, Sabtu (4/5/2024) diadakan pengambilan RPC di Hotel Santika Dyandra Medan. Para peserta Run The City Medan mendapatkan paket lari.

Usai berlari, para peserta juga menikmati beragam aktivitas di Race Village Lapangan Benteng. Race Village Run the City Medan dibuat dengan konsep festival untuk menyambut pelari yang baru selesai berlari.

Selain acara di panggung utama, terdapat juga area kuliner, area permainan, dan area foto. Terdapat pula live grafitti sebagai background foto yang menarik yang berkolaborasi dengan seniman lokal bernama Bigu.

Pada gelaran ini juga Run The City Medan memberikan medali bagi pelari yang berhasil finish. Medali Run The City dari 4 kota yang dikunjungi (Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta) menjadi collectible item yang bisa dikumpulkan pelari. Medali ini bisa digabung menjadi satu kesatuan.

Keseruan panggung utama antara lain diisi oleh modern dance serta hiburan dari Berlari Berdendang, dipandu MC David Rizal dan Mika Astari.

3. Selanjutnya Run the City akan menyambangi Kota Makassar

Ribuan Pelari Ikut Run The City Berkonsep Point to Point di MedanRun The City digelar di Medan (Dok. Tim penyelenggara for IDN Times)

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, Run The City Medan by Monas Half Marathon hadir di kota Medan untuk menyapa warga Medan dan memperkenalkan lebih dalam tentang Lembaga Penjamin Simpanan.

Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Adi Prinantyo mengatakan bahwa event Run The City merupakan program turunan dari LPS Monas half Marathon dimana tahun ini diadakan di empat kota di Indonesia yaitu Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Empat kota ini dipilih berdasarkan banyaknya persebaran pelari di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan LPS Monas Half Marathon kepada pelari di Indonesia.

Berikutnya, Run the City akan menyambangi Kota Makassar di Sulawesi Selatan dan Surabaya di Jawa Timur, sebelum puncaknya pada penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta.

Baca Juga: Kantor Perwakilan LPS di Medan Resmi Beroperasi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya