Rahmat Shah Kritisi Medan Zoo, Wali Kota Bobby: Jangan Main Tutup Aja

Bobby berharap masyarakat Medan bersabar

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution angkat bicara terkait kondisi Medan Zoo yang dikomentari oleh Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah. Dia menjawabnya agar Medan Zoo jangan asal main tutup saja.

Meskipun dikatakannya bahwa, dia sempat bertemu dengan Rahmat Shah dan sepakat akan menutup Medan Zoo. Namun, hal tersebut untuk pembangunannya akan segera dimulai maka diharapkan masyarakat agar bersabar.

“Saya baru satu hari yang lalu, belum lebih dari 24 jam bertemu dengan beliau. Saya tanyakan, pernyataan itu tidak ada dia sampaikan. Beliau, kita tetap sepakat sudah menyampaikan kepada PKBSI Pak Rahmat Shah kita akan tutup Medan Zoo, kita tutup. Tapi karena pembangunan sebentar lagi kita akan mulai pembangunannya ya,” jelas Bobby, pada Kamis (18/1/2024).

1. Bobby tegaskan kalau Medan Zoo ditutup profitnya dari mana?

Rahmat Shah Kritisi Medan Zoo, Wali Kota Bobby: Jangan Main Tutup AjaWali Kota Medan, Bobby Nasution (Screenshot video)

Bobby menjelaskan bahwa akan memberikan edukasi tentang kebun binatang dalam hal income atau pemasukan dari PUD Pembangunan.

“Gini ya gini, saya kemarin. Kita kan memberikan edukasi, pertanyaan saya kebun binatang ini hidupnya dari mana? Manajemen kan. Ini PUD loh, makanya saya harus jelaskan, bahwa PUD ini dia seperti BUMD, kalau BUMN dia tingkat nasional, ada profitnya,” jelasnya.

"Dia hidup dari profit, kalau main tutup-tutup saja profitnya dari mana?” tanya Bobby.

2. Bobby menolak menggunakan dana CSR

Rahmat Shah Kritisi Medan Zoo, Wali Kota Bobby: Jangan Main Tutup AjaWali Kota Medan, Bobby Nasution (Screenshot video)

Menurut Bobby, jika hanya mengandalkan dana dari CSR saja memang bisa. Namun, untuk manajemen tidak mengajarkan agar bisa sustainable (keberlanjutan) ke depannya.

“Jadi tolong, jangan mau main tutup aja, jangan kayak (seperti) zaman COVID-19 main lockdown-lockdown aja. Jangan seperti itu, kita harus ada kebijakan untuk edukasi ke depannya juga,” pungkas Bobby.

3. Sebelumnya Rahmat Shah soroti kondisi hewan-hewan dari koleksi Medan Zoo

Rahmat Shah Kritisi Medan Zoo, Wali Kota Bobby: Jangan Main Tutup AjaWali Kota Medan, Bobby Nasution (Screenshot video)

Sebelumnya, Rahmat Shah menyoroti kondisi hewan-hewan koleksi Medan Zoo yang saat ini berada dalam kondisi mengkhawatirkan.

Menurutnya, selama ini Medan Zoo dikelola oleh orang-orang yang kurang profesional dan terampil dalam memelihara hewan.

Rahmat juga mengaku dirinya sudah berbicara dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution terkait masa depan Medan Zoo, yang saat ini pengelolaannya di bawah PUD Pembangunan, salah satu perusahaan di bawah Pemko Medan.

Baca Juga: Influencer Medan Kumpulkan Donasi Rp82 Juta untuk Medan Zoo

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya