PTN di Sumut Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024, Cek Jalur Seleksinya

Selain SNBP, SNBT, dan Mandiri, USU juga punya jalur pretasi

Medan, IDN Times - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sumatera Utara gencar melakukan sosialisasi dan promosi dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Mengingat sebentar lagi akan memasuki Tahun Ajaran Baru.

Adapun PTN tersebut yakni Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) dan Politeknik Negeri Medan (Polmed).

Kegiatan yang berlangsung secara online itu, diikuti ribuan pelajar yang ada di Sumatera Utara, pada Kamis (1/2/2024).

Berikut IDN Times rangkum jalur seleksi dari sejumlah PTN ataupun Universitas di wilayah Sumatera Utara. Yuk Simak:

1. Selain dua jalur seleksi ada jalur Kementerian Agama

PTN di Sumut Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024, Cek Jalur SeleksinyaSuswati menerima ijazah mendiang anaknya dari Rektor Unimed (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Dalam tahapan seleksi nasional, keempat universitas tersebut masuk dalam pilihan yang bisa diambil melalui dua jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Humas UINSU, Yunni Salma menyampaikan, meskipun UINSU memiliki jalur seleksi khusus dari kementerian agama, tetapi ada beberapa jurusan yang dapat diambil melalui SNPMB.

"UINSU terdiri dari 8 Fakultas dan 1 Pascasarjana, yang membuka 42 program studi sarjana, 13 program magister, 7 program doktoral, dan 1 program PPG," jelasnya.

2. Seleksi SNBP siswa yang dinyatakan eligible diizinkan memilih program studi dua atau satu di PTN sesuai pilihan

PTN di Sumut Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024, Cek Jalur Seleksinyakemendikbud

Kemudian, Kahumas USU, Amalia Muetia menyampaikan mengenai SNBP, bahwa pada seleksi SNBP para siswa yang dinyatakan eligible diizinkan memilih program studi dua atau satu di PTN sesuai pilihan.

Setiap siswa yang eligible diizinkan memilih Prodi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), seperti: UIN, IAIN, dan STAIN.

Setiap siswa dapat memilih dua prodi dari satu atau dua PTN Jika memilih dua prodi, maka salah satu prodi harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya. Kemudian, apabila memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Pada kesempatan ini, Amalia juga menjelaskan penilaian yang masuk dalam seleksi SNBP yakni ada nilai rata-rata raport sebesar 50 persen, kemudian nilai mata pelajaran prodi tujuan.

"Contoh mau ambil kedokteran dilihat mata pelajaran yang berkaitan dengan jurusan tujuan tersebut utamanya biologi, jadi nilai ini harus bagus," katanya.

Lalu hal lain yang menjadi penilaian adalah sertifikat tambahan, atau prestasi akademik dan non akademik, sesuai jurusan yang dituju.

3. Ada jalur prestasi diseleksi mandiri yakni ada jalur Talenta Unggul, yang bisa masuk tanpa tes

PTN di Sumut Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024, Cek Jalur SeleksinyaSNPMB BPPP

Seleksi di USU selain SNBP, SNBT, dan Mandiri, juga punya jalur prestasi di seleksi mandiri yakni ada jalur Talenta Unggul, yang bisa masuk tanpa tes.

"Jalur tersebut untuk para calon mahasiswa yang memiliki prestasi khusus, seperti pemenang MTQ, Hafiz Al-Qur'an, prestasi olahraga level nasional, prestasi akademik, dan lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Humas Unimed, M Surip mensosialisasikan Seleksi Berdasarkan Tes (SNBT), mengenai pemilihan program studi dan penilaian.

"Jadi pilihlah sesuai keinginan dan bakat kalian, dan perlu diketahui jika sudah lulus di SNBP tahun 2024, atau bahkan telah lulus di tahun sebelumnya tidak akan bisa mendaftar kembali di jalur SNBT," katanya.

Baca Juga: Bupati dan Wakil Bupati Rohil Bertengkar saat Pelantikan Pj Kades

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya