Profil 3 Perempuan Asal Sumut yang Melenggang ke DPR RI

Salah satu nama sudah tak asing lagi di kalangan politik

Medan, IDN Times - Provinsi Sumatera Utara kembali mencetak sejarah pada Pemilu 2024. Provinsi mengirimkan sekaligus tiga wakil perempuan ke Senayan ke DPR RI yang mewakili Sumatera Utara. Masing-masing satu perempuan dari Dapil Sumut 1, Dapil Sumut 2, dan Dapil Sumut 3.

Terpilihnya ketiga wakil perempuan dari Sumut diketahui setelah KPU pusat merampungkan rekapitulasi perolehan suara dalam rapat pleno terbuka pada Senin (11/3/2024).

Berikut IDN Times merangkum 3 sosok perempuan asal Sumut yang melenggang ke Senayan.

1. Meutya Hafid (Golkar) dari Dapil Sumut 1

Profil 3 Perempuan Asal Sumut yang Melenggang ke DPR RIKetua Komisi I DPR RI Meutya Hafid (dok.istimewa)

Nama sosok perempuan yang satu ini memang sudah tak asing lagi bagi para warga Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

Meutya Viada Hafid (lahir 3 Mei 1978) adalah seorang wartawati dan politikus Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai Anggota DPR-RI sejak 2010 menggantikan Burhanuddin Napitupulu yang meninggal dunia sekaligus menjadi Ketua Komisi I DPR RI Petahana yang mulai menjabat pada 29 Oktober 2019.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Ketua tahun 2016 hingga 2018, lalu menggantikan Tantowi Yahya sebagai Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen DPR pada tahun 2014-2026.

Seorang kader Partai Golongan Karya, ia mewakili daerah pemilihan Sumatera Utara I. Di DPR-RI, ia menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR sejak 2019. Sebelumnya, ia bekerja sebagai jurnalis di Metro TV serta menjadi pembawa acara di beberapa acara televisi.

Meutya sempat kuliah di University of New South Wales, sebelum kemudian mengabdikan diri sebagai jurnalis Metro TV .

Pendidikan:

SD Negeri Menteng 02 (1984–1990)
SMP Negeri 1 Jakarta (1990–1993)
Crescent Girl's School (1994–1997)
S-1 Universitas New South Wales (1997–2001)
S-2 Universitas Indonesia (2015–2018)

2. Trinovi Khairani Sitorus (Golkar) dari Dapil Sumut 2

Profil 3 Perempuan Asal Sumut yang Melenggang ke DPR RITrinovi Khairani (Golkar) dari Dapil Sumut 2 (Instagram @novisitorus.official)

Selanjutnya, nama Trinovi Khairani Sitorus yang merupakan kader perempuan Golkar. Ia telah diprediksi lolos ke DPR RI. Tak seperti Meutya, ini merupakan kali pertama ia melenggang ke Senayan.

Pada Pemilu 2024,  ia bersaing dengan sejumlah tokoh politik asal Sumut, seperti Rapidin Simbolon dari PDI Perjuangan dan  Gus Irawan Pasaribu, yang maju dari Partai Gerindra.

Saat mengumumkan diri maju sebagai caleg Golkar Dapil II Sumut, kolega dan teman dari ayahnya, Buyung Sitorus, membuat sebuah gerakan bernama PBB. PBB singkatan dari Putri Bungsu Buyung.

Buyung yang dimaksud adalah Khairuddin Syah Sitorus. Ia merupakan mantan Bupati Labuhanbatu Utara yang pernah ditangkap dan dipenjarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, meski begitu koneksi Buyung Sitorus masih terjaga, hingga bisa mengantarkan putri bungsunya melenggang ke DPR RI.

3. Delia Pratiwi Sitepu (Golkar) dari Dapil Sumut 3

Profil 3 Perempuan Asal Sumut yang Melenggang ke DPR RIDelia Pratiwi Br Sitepu (Golkar) dari Dapil Sumut III (Instagram @deliapratiwisitepu)

Delia Pratiwi Sitepu lahir di Binjai, 30 Maret 1988. Ia adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia menjadi anggota DPR RI melalui Partai Golkar dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara III pada periode 2014-2019 dan 2019-2024. Kini untuk ketiga kalinya ia terpilih kembali.

Diketahui Caleg Golkar dari Dapil Sumut III atas nama Delia Pratiwi Sitepu berhasil merebut suara sebanyak 118.618 suara, sedang Mangihut Sinaga 116.056 suara serta Ahmad Doli Kurnia Tanjung tercatat mampu menghasilkan 141.928 suara.

Delia Pratiwi Sitepu yang lahir di Binjai dan berdarah Suku Karo ini merupakan putri dari pasangan Ngogesa Sitepu (ayah) dan Hj. Nuraida (ibu). Ia menikah dengan Reza Dofit (Sembiring) Meliala dan memiliki 4 orang anak, yaitu Nayra Dofit Meliala, oka arjuna dofit meliala, oziel aldevaro dofit meliala dan olivia nadira meliala.

Delia Pratiwi Sitepu menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Swasta Ahmad Yani, Binjai pada tahun 2000. Ia juga kemudian melanjutkan pendidikan SMP disekolah yang sama dan berhasil menamatkannya pada tahun 2003.

Pada tahun 2006, Delia menamatkan pendidikan SMA dari sekolah SMA AL AZHAR, Medan. Kemudian pada tahun 2010 dia berhasil menamakan gelar Sarjana (S1) Fakultas Hukum dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Baca Juga: Ini Nama 30 Caleg DPR RI Dapil Sumut 1, 2, dan 3 Berpeluang ke Senayan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya