Peringati HUT Mahatma Ghandi, Dubes dan Konjen India Tanam 2.000 Pohon

Diharapkan bisa menginspirasi semua masyarakat

Medan, IDN Times - Sebanyak 2.000 pohon mangrove (Bakau) ditanam oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Sandeep Chakravorty didampingi Konsulat India di Medan Shubham Singh di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang pada Sabtu (7/10/2023).

Penanaman ini dalam rangka memperingati Hari Budaya India serta merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-154 tahun Mahatma Gandhi, sekaligus guna mengurangi dampak abrasi laut dan banjir rob di kawasan tersebut.

1. Diharapkan bisa menginspirasi semua masyarakat khususnya para mahasiswa

Peringati HUT Mahatma Ghandi, Dubes dan Konjen India Tanam 2.000 PohonDuta Besar India untuk Indonesia bersama Konjen India Medan melakukan penanaman 2.000 pohon bakau di Desa Tanjung Rejo, Kecamatana Percut Sei Tuan, Deli Serdang (Dok. Fransisco Carolio for IDN Times)

Sesuai dengan tema Misi LiFE (Lifestyle For Environment), untuk gerakan massal yang mempromosikan gaya hidup yang sadar lingkungan. Bertujuan untuk mendorong dan menyebarkan cara hidup yang sehat dan berkelanjutan berdasarkan tradisi dan nilai-nilai konservasi dan moderasi, sebagai pendekatan kunci dalam mengatasi perubahan iklim.

“Salah satu quotes favorit saya dari pak Mahatma Ghandi adalah hidup sederhana sehingga masyarakat bisa hidup juga,” katanya.

Kegiatan penanaman pohon ini juga berlandaskan untuk melestarikan lingkungan hidup yang diinisiasi dari Mahatma Ghandi.

Diharapkan, kegiatan ini bisa menginspirasi semua masyarakat khususnya para mahasiswa untuk melanjutkan inisiasi ini.

2. Penanaman pohon sebagai bentuk penghormatan hari lahir Mahatma Ghandi

Peringati HUT Mahatma Ghandi, Dubes dan Konjen India Tanam 2.000 PohonDuta Besar India untuk Indonesia bersama Konjen India Medan melakukan penanaman 2.000 pohon bakau di Desa Tanjung Rejo, Kecamatana Percut Sei Tuan, Deli Serdang (Dok. Fransisco Carolio for IDN Times)

Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste, Shri Sandeep Chakravorty menyampaikan, kegiatan penanaman pohon bakau sekaligus sebagai bentuk penghormatan hari lahir Mahatma Ghandi yang ke-154. Selain itu, kegiatan untuk memperluas kerjasama dengan Indonesia, juga untuk memperbaiki ekosistem mangrove.

“Saya sangat senang karena Konsul Jenderal Mr. Subham Sing memilih penanaman mangrove khusus untuk memperingati hari lahir Mahatma Ghandi,” sebutnya.

3. Penanaman pohon merupakan kali kedua setelah dilaksanakan di New York

Peringati HUT Mahatma Ghandi, Dubes dan Konjen India Tanam 2.000 PohonDuta Besar India untuk Indonesia bersama Konjen India Medan melakukan penanaman 2.000 pohon bakau di Desa Tanjung Rejo, Kecamatana Percut Sei Tuan, Deli Serdang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dikatakan Shri Sandeep, ini adalah bentuk realisasi kegiatan penanaman di Taman Ghandi yang kedua, sebelumnya telah dilaksanakan di New York, Amerika Serikat.

“Karena saya sebagai duta besar di Indonesia, saya ingin Sumatera Utara untuk menang,” ucap Shri Sandeep.

Dari pantauan IDN Times, ikut serta juga dalam penanaman ini seratusan mahasiswa dari Universitas Sari Mutiara, Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Parlindungan Purba, perwakilan dari Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provsu M. Zakir Syarif Daulay, Kepala Desa, dan peserta lainnya.

Kawasan ini juga diberi tanda yang bertuliskan Taman Gandhi Vatika, diresmikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Sandeep Chakravorty dan Pj Gubernur Sumut Hassanudin.

Baca Juga: Tapak Umang, Legenda Mistik yang Diyakini Masyarakat Desa Rumah Liang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya