Pendaftaran MSIB Batch 7 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya

MSIB program dari Kemendikbud untuk mempersiapkan karir

Medan, IDN Times - Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program praktik kerja yang diselenggarakan di bawah pengawasan langsung Kemendikbudristek, dengan durasi satu semester, bertujuan untuk memperoleh pengalaman kerja dan pemahaman mendalam tentang praktik terbaik dalam industri yang diminati.

Nah, kali ini MSIB program dari Kemendikbud yang tujuannya untuk mempersiapkan karier, menawarkan peluang kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi bidang di luar kampus mereka. Program ini menjamin pengakuan SKS oleh perguruan tinggi, memungkinkan mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka dan mendapatkan pengalaman praktis yang berharga. MSIB dibagi menjadi 2 bagian, yaitu magang dan studi independent.

1. Ketentuan MSIB dalam mendaftar magang atau studi independent

Pendaftaran MSIB Batch 7 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannyailustrasi kegiatan mengisi informasi akademik (pexels/Armin Rimoldi)

Studi Independen merupakan program yang memungkinkan mahasiswa, untuk belajar keterampilan yang spesifik dan praktis secara langsung dari para ahlinya selama satu semester melalui kegiatan pembelajaran dan praktik langsung.

Adapun ketentuan MSIB dalam mendaftar magang atau studi independent, yakni mahasiswa aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) atau yang belum dinyatakan lulus dari program studi terakreditasi dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat mendaftar program MSIB, D2/D3/D4: minimal semester 2, S1: minimal semester 4, belum yudisium dan bersedia untuk tidak yudisium selama Program MSIB berlangsung, mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti Program MSIB dari Perguruan Tinggi, bersedia tidak mengikuti program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek selain Program MSIB selama menjadi Mahasiswa peserta Program MSIB dan data Mahasiswa terdaftar di PDDIKTI dan data sudah sesuai dengan nama di KTP Mahasiswa.

2. Mahasiswa wajib mengunggah dokumen

Pendaftaran MSIB Batch 7 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannyapexels.com/Charlotte May

Adapun kewajiban mahasiswa untuk mengunggah dokumen yaitu, Curriculum Vitae (CV), transkrip nilai, foto/scan KTP, surat rekomendasi universitas, Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM), Sertifikat pengalaman organisasi (opsional), asuransi kesehatan jika memiliki kuota mendaftar lowongan MSIB hanya 22 lowongan/batch.

Periode pendaftaran dimulai Jumat (26/4/2024) sampai dengan Senin (10/6/2024). Selanjutnya, persyaratan dokumen.

Mahasiswa mendaftar ke program yang diminati melalui platform Kampus Merdeka dan menyerahkan dokumen lengkap saat mendaftar.

3. Manfaat dalam mengkuti MSIB

Pendaftaran MSIB Batch 7 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannyailustrasi mahasiswa mengecek fasilitas yang lengkap melalui gadgetnya ( istock.com / PeopleImages )

Selain memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja profesional, mahasiswa juga akan memperoleh tiga manfaat, yakni mendapat pengakuan kredit atau konversi SKS.

Sertifikat program Dana hidup bulanan (khusus Mahasiswa magang yang terdaftar pada Mitra Industri yang mengajukan pendanaan).

Dengan MSIB Batch 7, mahasiswa memiliki kesempatan emas untuk memperluas horison karier mereka.

Baca Juga: 9 Contoh Surat Permohonan Magang Lengkap untuk Mahasiswa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya