Pemko Medan Targetkan Nilai Evaluasi Statistik Sektoral Naik Tahun Ini

Peran Satu Data Indonesia meningkat drastis menjadi 4

Medan, IDN Times - Pemko Medan menargetkan tahun 2024 ini nilai Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di Medan meningkat. Tingginya nilai peran Forum Satu Data Indonesia maupun Wali Data memberi kontribusi berarti pada peningkatan tersebut.

Hal ini diungkapkan Kabid Statistik dan Informasi Publik Dinas Kominfo Medan, Rizka Firdahlia, usai mengikuti penilaian interview Tim Penilaian Badan (TPB) dari Badan Pusat Statistik Madina, pada Selasa (25/6/2024).

Nilai yang kecil di tahun lalu, pada tahun ini melonjak signifikan. Dia mencontohkan, peran Satu Data Indonesia yang tahun lalu nilainya 1 dan 2, sekarang meningkat drastis menjadi 4.

“Termasuk juga peran Wali Data, yaitu Diskominfo, yang sangat berkontribusi menambah nilai pada tahun ini,” ungkap Rizka.

Baca Juga: Viral Tinggal Kelas, Polda Sumut Dalami Laporan Dugaan Pungli SMAN 8

1. Diharapkan bisa bertahan dengan rangking predikat terbaik

Pemko Medan Targetkan Nilai Evaluasi Statistik Sektoral Naik Tahun IniPenilaian interview Tim Penilaian Badan dari Badan Pusat Statistik Madina (Dok. Diskominfo Medan)

Rizka menjelaskan, evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

Pemanfaatan statistik sektoral ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu, dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang menjadi tugas pokok instansi pemerintah bersangkutan.

“Tahun lalu Kota Medan masih mendapat nilai cukup walaupun tetap tertinggi di Sumut. Mudah-mudahan di tahun ini kita bisa mempertahankan rangkingnya dengan predikat tidak cukup lagi, tetapi sudah terbaik,” harapnya.

2. Ada penambahan 38 sektor Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Pemko Medan Targetkan Nilai Evaluasi Statistik Sektoral Naik Tahun IniPenilaian interview Tim Penilaian Badan dari Badan Pusat Statistik Madina (Dok. Diskominfo Medan)

Sama seperti tahun lalu, yang menjadi objek penilaian pada tahun ini Survei Standar Harga oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Analisis Kualitas dan Konsumsi Pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perikanan Medan.

Rizka memaparkan, sebelumnya Tim Penilai Internal (TPI) Kota Medan telah mengumpulkan bukti pendukung, menilai tingkat kematangan, dan menambahkan penjelasan pada 38 sektor Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Dan alhamdulillah, pada 30 Mei bukti dukung telah disubmit pada aplikasi Simbatik," katanya.

3. Paling lambat Jumat pagi pekan ini bukti dukung tambahan itu akan dikirim

Pemko Medan Targetkan Nilai Evaluasi Statistik Sektoral Naik Tahun IniPenilaian interview Tim Penilaian Badan dari Badan Pusat Statistik Madina (Dok. Diskominfo Medan)

Rizka menambahkan, pihaknya terus bergiat untuk memperbanyak bukti dukung guna menambah nilai. Dia menyebutkan, paling lambat Jumat pagi pekan ini bukti dukung tambahan itu akan dikirim.

“Tim Penilai Badan dari Badan Pusat Statistik Madina juga akan visitasi ke Medan, dan tentunya ini akan kita manfaatkan untuk menunjukkan apa yang telah kita perbuat guna menambah nilai Penyelenggaran Statistik Sektoral di Medan,” ucapnya.

Baca Juga: Viral Siswi Tinggal Kelas, Kepala SMAN 8 Medan Terancam Dicopot

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya