Pemko Medan Harus Pastikan Bus Listrik di Medan Efektif

Pengamat tak yakin bisa jadi solusi dari kemacetan

Medan, IDN Times - Pengamat Transportasi dari Lembaga Study Advokasi Transporasti Sumatera Utara, Sukrinaldi angkat bicara terkait bus listrik yang baru saja diresmikan Pemerintah Kota Medan.

Dia mengatakan bahwa ini harus menjadi efektif bagi para masyarakat. Untuk itu bagaimana peran Pemko Medan untuk bisa memastikan kendaraan listrik untuk umum ini berjalan seterusnya sehingga menjadi solusi dari kemacetan.

“Efektif atau tidak efektifnya bus listrik ini, sejauh mana pemerintah bisa memastikan kendaraan ini bisa berjalan seterusnya,” ucap Sukrinaldi kepada IDN TImes, Jumat (5/1/2024).

Apalagi, mengingat masih banyaknya proyek-proyek yang belum selesai di sejumlah titik Kota Medan. Seperti, Underpass, Overpass, Fly Over, Drainase, dan perbaikan jalan.

1. Hadirnya bus listrik diduga tidak bisa memastikan atasi kemacetan

Pemko Medan Harus Pastikan Bus Listrik di Medan EfektifUji coba bus listrik gratis di Medan (instagram @dishub_medan)

Dikatakan Sukrinaldi bahwa, tujuan hadirnya bus listrik ini sebenarnya agar masyarakat bisa hemat pengeluaran dan biaya. Namun untuk mengatasi kemacetan, dia pesimis. “Kalau mengatasi kemacetan itu bohong,” katanya.

Menurutnya, jika bus listrik ini berjalan maka akan berkaitan dengan tenaga listrik dan harus dipersiapkan para teknis pada bidangnya.

“Sudah sejauh mana teknisi-teknisi yang berkaitan dengan tenaga listrik yang dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Medan,” tutur Sukrinaldi.

Baca Juga: Harimau Sumatra Mati Lagi di Medan Zoo, Yang Ketiga Dalam 2 Bulan

2. Dikhawatirkan unit kendaraan bus listrik alami kerusakan di jalan

Pemko Medan Harus Pastikan Bus Listrik di Medan EfektifUji coba bus listrik gratis di Medan (instagram @dishub_medan)

Sambungnya, hal yang dikhawatirkan adalah unit kendaraan bus listrik yang mengalami kerusakan di jalan secara tiba-tiba. Hal itu yang harus diantisipasi.

“Gimana kalau tiba-tiba trouble atau ada kerusakan kabel atau apa akibat dari gangguan listrik tadi pasti mati dijalan. Bayangkan itu, apa gak menambah kemacetan lagi,” terangnya.

Baginya, jika bus listrik ini hadir karena mengedepankan bahasa tren maka seharusnya mempertimbangkan dampak yang terjadi kepada masyarakat. Meskipun dikatakannya, bagi para penumpang bisa menjadi pilihan yang efektif. Namun, bus listrik ini tidak bisa menjamin keberlanjutannya kedepan.

Hal ini dikatakannya, mengingat sudah banyak kendaraan yang dikelola Pemerintah terlantar begitu saja. “Belum ada yang sudah dibooking dibeli dan lantas ada ditinggal begitu saja dengan beragam alasan,” tambahnya.

“Salah satu unit kendaraan umum yang pernah ada untuk masyarakat, di bawah pemerintah adalah Damri. Sekarang mana bangkai Damri,” jelasnya.

3. Diharapkan Pemko Medan bisa mensejahterakan masyarakat melalui transportasi

Pemko Medan Harus Pastikan Bus Listrik di Medan EfektifUji coba bus listrik gratis di Medan (instagram @dishub_medan)

Dia menambahkan, sebelum diperlebar jalan Karya Wisata tetap ada akses ke fasilitas umum. Salah satunya SPBU yang dibutuhkan. Namun, saat ini dialihkan dan ditutup jalan sehingga masyarakat kesulitan mengisi BBM karena harus memutar jalan.

Dia berharap, Pemko Medan bisa mensejahterakan masyarakat melalui transportasi. Hal ini karena perputaran ekonomi berdampak pada masyarakat, dengan memberikan pelayanan prima.

“Sekarang drainase disitu di buat, fly over, overpass, dan lainnya. Jadi bagaimana rakyat cari duit, mutar-mutar di jalan. Lantas, bagaimana ekonomi orang bisa berjalan dengan baik,” tutupnya.

Baca Juga: Bus Listrik Diresmikan di Medan, Masih Uji Coba dan Gratis

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya