Nikmati Sensasi Mie Tarempa Kuliner Khas Kepri di Medan

Menu favorit ada sop ikan, mie tarempa dan luki gendang

Medan, IDN Times - Berwisata kuliner di Medan memang tidak ada habisnya. Apalagi baru-baru ini terdapat menu kuliner khas Kepri yang menambah list kuliner di Medan, yakni Mie Tarempa.

Kuliner khas Kepri ini bisa ditemui di warung Kopi Kita Kepri Medan, Jalan Sisingamangaraja No.132 Medan. Warung ini sudah berjalan dua bulan. Rasa khas Kepri memang terkenal dengan manis, asam, dan asin dan tidak terlalu pedas mencirikan khas budaya Melayu.

1. Ada tiga menu andalan yakni Sop Ikan Tenggiri, Mie Tarempa dan Luki Gendang

Nikmati Sensasi Mie Tarempa Kuliner Khas Kepri di MedanMenu khas kepulauan Kepri hadir di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Eddy sebagai pemilik warung Kopi Kita Kepri Medan yang juga menginisiasi menu makanan khas Kepri ada di Medan. Ia memilih Kota Medan berbuka usaha karena masyarakat kota Medan merupakan konsumtif, sekaligus membasuh kerinduan yang ingin kulineran khas Kepri.

Ada tiga menu yang menjadi favorit di warung ini yaitu, sop ikan tenggiri, mie tarempa, dan luki gendang. Selain ketiga menu yang menjadi favorit ada juga menu-menu khas Batam lainnya yang tersedia yakni sop ikan kakap merah, sop udang, sop seafood, dan sop kepala ikan.

“Kalau yang paling khas disini Mie tarempa, Luki gendang dan sop ikan khas Batam yang lain itu menu pendamping saja,” jelasnya.

Harga-harga menu makanan yang ditawarkan mulai dari harga Rp15 ribu hingga Rp60 ribu. Ada juga menu minuman salah satunya, es teler durian dengan harga Rp20 ribu.

Baca Juga: Resep Asam Udeung khas Aceh, Pedasnya Menyegarkan

2. Sensasi rasa asin Sop Kuah Ikan Tenggiri dan Mie tarempa dengan varian toping

Nikmati Sensasi Mie Tarempa Kuliner Khas Kepri di MedanMenu khas kepulauan Kepri hadir di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sensasi rasa khas dari sop kuah ikan tenggiri terasa sedikit asin di lidah, yang sekaligus memberikan kesegaran. Sementara, untuk menu khas Mie tarempa juga memberikan banyak varian toping ada mie tarempa ayam, mie tarempa ikan tuna, mie tarempa seafood, mie tarempa sapi, dan mie tarempa kerang.

“Ciri khas dari sop kuah ikan tenggiri memakai koya, koya nya kita buat sendiri. Jadi dia gak pakai kuah sop pada umumnya. Koya itu campuran bikinan kita mirip belacan tapi bukan belacan, seperti rempah khas Kepri pulau Batam. Ada ikan tenggiri, jahe, koya, tomat hijau, dan sawi asin,” terangnya

Untuk proses memasak mie tarempa ini terlebih dahulu direbus selama 2 menit, kemudian digoreng, siapkan telur, garam, bagi yang suka MSG bisa diletak sedikit, cabai giling khusus dan bawang goreng. Bahan dasar mie tarempa adalah mie pok khas Batam atau sering disebut mie gepeng.

Selanjutnya untuk menu sop ikan tenggiri dimasak hingga durasi 10 menit selesai. Alasannya, memilih ikan tenggiri karena ikannya tekstur dan rasanya lembut. Sehingga semua kalangan bisa makan.

 

3. Banyak macam varian rasa untuk menu Luki Gendang mulai dari asin hingga manis

Nikmati Sensasi Mie Tarempa Kuliner Khas Kepri di MedanMenu khas kepulauan Kepri hadir di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selanjutnya, untuk menu luki gendang dibuat sendiri mulai dari adon hingga isian berupa ikan tuna segar yang diolah jadi abon yang ditambah sedikit gula merah agar menambah gurih dan sedap Selain varian rasa ikan tuna ada juga rasa cokelat, keju, durian dan ayam. Namun, untuk ciri khasnya adalah ikan.

Eddy menargetkan, melalui warung Kopi Kita Kepri Medan ini semua warga Medan dapat mencicipi makanan khas Batam.

“Sejauh ini ada yang mencoba mereka mau mau lagi sih. Datang beli lagi, mau lagi mau lagi. Ini cocok untuk lidah anak Medan menu mie yang dicampur ikan,” ucapnya.

Direncanakan akan membuat menu baru yakni, otak-otak.

Baca Juga: 9 Kafe Vegetarian di Medan yang Sehat dan Nikmat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya