Menhub Budi Karya Tinjau Terminal Amplas Medan

Ada 19 titik koridor stasiun BRT di Kota Medan

Medan, IDN Times - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berkunjung ke Kota Medan, pada Jumat (28/6/2024). Kedatangannya untuk meninjau lokasi transportasi yang dijadikan sebagai depo pemberangkatan pertama Bus Rapid Transit (BRT) di Terminal Amplas Medan.

Dari pantauan IDN Times, Menhub Budi Karya Sumadi tiba di Terminal Amplas Kota Medan mulai pukul 11.06 WIB. Kemudian, meninjau papan mading yang ada di dalam terminal Amplas. Papan mading tersebut berisikan potret desain suasana lokasi hingga lini masa proyek MASTRAN.

Papan mading lini masa proyek MASTRAN mulai dari tahun 2016 hingga ditargetkan 2027.

Yakni, Tahun 2016 Studi Kelayakan oleh ITDP, 2021-2022 proses administrasi pendanaan proyek Mastran, 2022 nota kesepahaman antara Kemenhub dan Pemerintah Daerah di Mebidang, Working level agreement antara Kemenhub dan pemerintah daerah, 2023 pekerjaan detailed engineering design (ded) dan masih di tahun  2023 pekerjaan detail engineering design (DED) dan Project Management, 2024 agro penyelesaian DED peletakan batu pertama, aktivitas konstruksi dimulai serta operasional pilot Project.

Kemudian tahun 2025 dan 2026 tahap pembangunan konstruksi dan uni operasional (2024-2027), dan tahun 2027 BRT beriperasi secara penuh.

Ada juga desain 19 titik koridor stasiun BRT mulai dari Terminal penumpang Bandar Deli, Medan Labuhan, SPBU Budi Pembangunan, Cemara, Bundaran Citraland Gama City, Stasiun Kereta Api Bandar Khalifa, Medan Mall, Lapangan Merdeka, Plaza Medan Fair, terminal Pinang baris, Terminal Ikan Paus Binjai, Flamboyan, RS Adam Malik, terminal pasar Induk Lau Cih, karya wisata, terminal Amplas, terminal lubuk Pakam, Deli Tua, dan terminal Pancur Batu.

Menhub melanjutkan peninjauan didalam lokasi bekas terminal Amplas di Medan ini, yang bakal dijadikan sebagai depo pemberangkatan pertama Bus Rapid Transit (BRT) untuk rute Amplas-Pinang Baris. BRT sendiri nantinya akan menghubungkan wilayah Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang).

Urgensi dihadirkannya fasilitas moda transportasi publik ini, untuk aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat yang dinilai berpotensi di daerah khususnya kota Medan lewat transportasi Mebidang.

Diketahui, lokasi Terminal Amplas Kota Medan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (9/2/2023), setelah revitalisasi selama tiga tahun. 

Baca Juga: Sebanyak 16 Jemaah Haji Asal Sumut Meninggal Dunia di Tanah Suci

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya