Membela Negara Bukan Hanya Tugas Militer

Peringatan Hari Bela Negara di Medan

Medan, IDN Times - Dalam rangka memeringati Hari Bela Negara (HBN) ke-75 tahun 2023, Pemko Medan menggelar upacara di halaman depan Balai Kota Medan, pada Selasa (19/12/2023). Upacara yang berlangsung dengan tertib dan penuh khidmat ini dipimpin Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam arahannya membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Aulia Rachman menyampaikan, HBN merupakan momentum bagi semua untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicita-citakan. Diingatkan Presiden, kata Aulia, tantangan ke depan semakin tidak terduga.

“Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi hingga krisis iklim telah membawa dampak dan resiko ketahanan negara,” kata Aulia menyampaikan sambutan tertulis Presiden tersebut.

1. Diminta untuk memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama

Membela Negara Bukan Hanya Tugas MiliterWakil Wali Kota Medan Aulia Rachman sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Bela Negara 2023 (Dok. Diskominfo Medan)

Dikatakan Presiden, ungkap Aulia, semua harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Ditambahkannya, semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

2. Bela negara di Indonesia bukan hanya terkait aspek militer

Membela Negara Bukan Hanya Tugas MiliterWakil Wali Kota Medan Aulia Rachman sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Bela Negara 2023 (Dok. Diskominfo Medan)

Selanjutnya, kata Aulia, Presiden mengungkapkan, bela negara di Indonesia bukan hanya terkait aspek militer, tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap tindakan sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara,” jelasnya.

3. Diminta untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air

Membela Negara Bukan Hanya Tugas MiliterWakil Wali Kota Medan Aulia Rachman sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Bela Negara 2023 (Dok. Diskominfo Medan)

Di penghujung arahannya, bilang Aulia, Presiden mengajak masyarakat Indonesia di HBN ke-75 Tahun 2023 ini, untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air.

“Semangat HBN ke-75, kobarkan bela negara untuk Indonesia maju,” pungkasnya.

Sebelumnya, prosesi upacara HBN yang berlangsung dengan penuh khidmat ini diawali mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila serta Ikrar Bela Negara. Upacara dipungkasi dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Kakankemenag Kota Medan.

Selain Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, upacara juga dihadiri Kakankemenag Kota Medan Impun Siregar, asisten, staf ahli, pimpinan perangkat daerah, direktur perusahaan umum daerah dan rumah sakit umum daerah, kepala bagian, camat, lurah eselon III/IV serta ketua tim kerja di lingkungan Pemko Medan.

Baca Juga: 7.000 Sertifikat  PTSL Sudah Dibagikan, Bobby Siap Gebuk Jajaran Mafia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya