Melamar Bacagub ke Demokrat, Edy Rahmayadi Bersaing dengan Bobby

Demokrat tunggu keputusan pusat dan majelis tinggi

Medan, IDN Times -Selain ke PDIP, Mantan Pangkostrad sekaligus mantan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mendatangi kantor DPD Demokrat Sumut, untuk mengantarkan formulir dan berkas pendaftaran sebagai bakal calon (Balon) Gubernur Sumut 2024, disampaikan ke Kantor DPD Demokrat Sumut, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, pada Selasa (7/5/2024).

Kemudian, Ketua DPD Demokrat Sumut, Muhammad Lokot Nasution memuji sikap Edy Rahmayadi yang turun langsung. Edy datang bersama tim pemenanganya disambut Lokot Nasution serta jajaran pengurus DPD Demokrat Sumut.

Lokot mengungkapkan menjadi pelajaran bagi dirinya dan kadernya, atas kebijaksanaan Edy mengantarkan langsung berkas pendaftaran tersebut, tanpa diwakili timnya.

"Terima kasih kepada pak Edy Rahmayadi, hari ini. Mengembalikan formulir langsung untuk mendaftarkan diri calon Gubernur Sumut periode 2024-2029 dari partai Demokrat dan untuk mendapatkan dukungan Demokrat Pilgub Sumut mendatang." jelas Lokot kepada wartawan, usai menerima kunjungan Edy Rahmayadi.

1. Lokot akui pihaknya membentuk tim penjaringan Bacalon Gubernur Sumut

Melamar Bacagub ke Demokrat, Edy Rahmayadi Bersaing dengan BobbyMantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat nyoblos bersama istrinya (Veri Ardian untuk IDN Times)

Lanjut Lokot bahwa pihaknya, membentuk tim penjaringan Bacalon Gubernur Sumut. Setelah itu, secara administrasi yang mendaftar, akan disampaikan ke DPP Demokrat. Selanjutnya, akan diputuskan oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kita hanya menjalankan administrasi, juga dimintakan pendapat oleh pak SBY atau mas AHY. Demokrat teman-teman tahu, kita partai membuka ruang diskusi. Mas Ketum dan pak SBY, yang mana cocok barang itu," kata Lokot.

Lokot mengungkapkan untuk penjaringan Bacakada Sumut 2024, dilakukan DPD Demokrat Sumut berakhir pada 18 Mei 2024. Selain Edy Rahmayadi, yang sudah mengambil formulir pendaftaran, yakni Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Sedangkan, mantan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah yang menyatakan maju di Pilgub Sumut 2024 Belum mengambil formulir pendaftaran ke Demokrat.

"Ada bang Edy, ada pak Bobby. Baru dua, bang Ijeck belum. Wagub ada beberapa orang. Kita ada tim penjaringan secara administrasi, biar semangat siapa aja yang mau bergabung ke Demokrat Sumut digunakan sebagai kenderaan ikut Pilgub Sumut atau Pilkada seluruh Sumut," kata Lokot.

Baca Juga: Resmi Melamar ke PDIP, Edy: Kalau Tak Hebat Takkan Saya Daftar

2. Demokrat dan Edy memiliki hubungan dekat

Melamar Bacagub ke Demokrat, Edy Rahmayadi Bersaing dengan BobbySekretaris DPD Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki (Dok: istimewa)

Lokot mengungkapkan bahwa Demokrat dan Edy Rahmayadi memiliki hubungan dekat. Hal itu, terungkap Demokrat bersama partai politik lainnya, mendukung pasangan Edy dan Ijeck pada Pilgub Sumut 2024.

"Kita mendukung pak Edy pada periode sebelumnya, tapi lagi-lagi bicara politik kedepan ini, saya ketua DPD berandai-andai. Kita mendukung, bang Edy Rahmayadi, kita dukung Bobby Nasution dan kita dukung Musa Rajekshah, nanti keputusan berbeda keputusan Ketua Majelis tinggi dan Ketum," ucap Lokot.

Lokot menambahkan pihaknya, hingga saat ini, hanya mengumpulkan data administrasi, dan prestasi Bacalon Gubernur Sumut itu, kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Ketua Umum Partai Demokrat.

"Wajib survei, karena survei, lah satu-satunya bisa persamakan persepsi. Semua memiliki kesempatan yang sama," tutur Lokot.

3. Edy akui ikuti mekanisme dan peraturan yang ditetapkan

Melamar Bacagub ke Demokrat, Edy Rahmayadi Bersaing dengan BobbyKetua DPD Partai Demokrat Sumut, Lokot Nasution (Dok. Partai Demokrat Sumut)

Sementara itu, Bacalon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan dirinya dan tim mengikuti mekanisme dan peraturan yang ditetapkan masing-masing DPD partai politik, termasuk DPD Partai Demokrat Sumut. Meski yang menetapkan dan memutuskan adalah DPP Demokrat.

"Secara resmi saya serahkan berkas ini, tidak ada mengembalikan itu. Karena bukan dia (DPD) yang menentukan, kalau dibikin seperti ini, harus kita ikuti lah," kata mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Baca Juga: Tak Takut Lawan Bobby di Pilgub, Edy: Tak Ada Urusan Istana

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya