Lonjakan Penumpang Bus ALS di Medan Diprediksi pada H-5 Idul Fitri

Tiket Medan ke Jakarta Rp730 ribu

Medan, IDN Times - Menjelang Idul Fitri 1445 H, loket bus PT Antar Lintas Sumatera (ALS) di Jalan Sisingamangaraja Medan terpantau tidak terlalu ramai seperti tahun-tahun yang lalu. Meski sudah memasuki H-7 hari raya Idul Fitri 1445 H.

Humas PT ALS, Alwi Matondang menjelaskan, lonjakan penumpang dari Sumatra nampaknya belum terlihat.

1. Pergerakan lonjakan bus ALS diprediksi dua hari ke depan

Lonjakan Penumpang Bus ALS di Medan Diprediksi pada H-5 Idul FitriSuasana loket bus ALS di jalan Sisingamangaraja Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dia mengatakan bahwa, dari Jakarta diprediksi akan ada pergerakan lonjakan tersebut pada Rabu (3/4/2024). Sedangkan untuk wilayah Kota Medan, diprediksi akan ramai pada Jumat (5/4/2024). Artinya, H-5 akan mulai ramai yang pulang kampung dengan menggunakan bus ALS.

“Tapi kalau dari Jakarta pergerakan dari tanggal 3 (April). Kalau dari Medan kita perkirakan dari tanggal 5 terjadi lonjakan,” ucap pada IDN Times.

Baca Juga: Polres Langkat Antisipasi Kemacetan Lebaran di Jalinsum Medan-Aceh

2. Dampak mudik gratis diyakini tak berpengaruh

Lonjakan Penumpang Bus ALS di Medan Diprediksi pada H-5 Idul FitriSuasana loket bus ALS di jalan Sisingamangaraja Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurutnya, menurunnya lonjakan ini tidak berkaitan dengan adanya mudik gratis yang digelar oleh beberapa instansi.

“Kalau kita di Medan tidak terlalu signifikan dampaknya, dan dari Jakarta hasil perwakilan kita di sana adapun mudik gratis itu tidak terlalu signifikan,” kata Alwi.

Disebutkannya bahwa, untuk jalur yang terjauh itu ada di Jember.

3. Sebnyak 250 armada bus disiapkan

Lonjakan Penumpang Bus ALS di Medan Diprediksi pada H-5 Idul FitriHumas PT ALS, Alwi Matondang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Meski begitu, persiapan armada yang tersedia sebanyak 250 unit bus, jumlah ini sama seperti tahun.

Untuk tarif harga tiket bus ALS, dikatakannya ada penyesuaian. Salah satunya rute dari Kota Medan ke Jakarta dikenakan tarif Rp730 ribu full AC.

Diimbau kepada masyarakat agar masyarakat dapat menjaga kesehatan selama bepergian, serta tertib berlalu lintas baik angkutan umum, pribadi, dan sepeda motor.

Baca Juga: Berikut 8 Lokasi Titik Rawan Longsor dan Amblas saat Mudik di Aceh 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya