Kondisi Medan Zoo Memprihatinkan, Bobby Janji Akan Perbaiki

Bobby akui telah berkoordinasi dengan PUD untuk menanganinya

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution berjanji akan memperbaiki kondisi Medan Zoo. Hal ini mengingat kondisi Medan Zoo atau Kebun Binatang Medan sangat memprihatinkan.

Hampir 70 persen kandang rusak, pakan ternak utang 5 bulan, bahkan hingga gaji karyawan yang menunggak sejak Agustus 2023.

Bobby mengatakan telah berkoordinasi dengan Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan, yang menangani Medan Zoo untuk tahapan persoalannya.

"Kita sudah disampaikan juga beberapa aspek tentang Medan Zoo nya, baik itu tentang satwa di dalam dan juga tentang Medan Zoo secara keseluruhan. Ini step-stepnya mudah-mudahan terus kita jalani langkah-langkah untuk perbaiki secara maksimal, tapi sekarang kita utamakan satwanya dulu," ujar Bobby saat ditanya awak media.

1. Saat ini fokus utama kepada pemenuhan kebutuhan pakan satwa dan gaji karyawan Medan Zoo

Kondisi Medan Zoo Memprihatinkan, Bobby Janji Akan PerbaikiSeekor coati amerika selatan yang dipelihara di kebun binatang. (commons.wikimedia.org/Dguendel)

Bobby mengatakan saat ini fokus utama mereka lebih kepada pemenuhan kebutuhan pakan satwa dan gaji karyawan Medan Zoo. Dia meminta unit usaha dari PUD Pembangunan yang menghasilkan profit, agar menyuntikkan dana ke Medan Zoo.

"Kita lihat memang dari beberapa (5 unit usaha PUD Pembangunan), hanya satu usaha yang profitnya bisa menutupi kegiatan usaha yang lain, Ini yang saya sampaikan dari profit itu diutamakan pertama adalah satwa di sana dan juga para pegawainya," ungkap Bobby.

Baca Juga: Disdukcapil Medan Kembali Buka Layanan Adminduk di Mal

2. Pihak PUD diminta untuk bisa bekerjasama dengan pihak swasta

Kondisi Medan Zoo Memprihatinkan, Bobby Janji Akan Perbaikiilustrasi kebun binatang (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sejauh ini untuk suntikan dana dari Pemko Medan, Bobby belum menganjurkan opsi tersebut. Dia justru meminta pihak PUD Pembangunan atau Medan Zoo
bisa bekerja sama dengan pihak swasta, untuk pendanaan pakan dan gaji pegawai.

"Dari pemko pastinya kalau kita bilang suntikan dana dari Pemko itu, kan berarti harus (ada) penambahan penyertaan modal kembali. (Harus) disetujui DPR dan segala macam, nah itu opsi memang belum ada. Dan opsi ini yang terus kita sampaikan kepada para BUMD itu membangun kerjasama," ungkapnya.

3. Terkait kelayakan tempat, Bobby akui masih mengkaji dari berbagai aspek

Kondisi Medan Zoo Memprihatinkan, Bobby Janji Akan Perbaikiilustrasi kebun binatang (freepik.com/domonite)

Disinggung apakah Pemko Medan akan merelokasi atau menutup Medan Zoo, karena tempatnya tidak layak, Bobby tidak menjawabnya secara gamblang. Pihaknya masih melakukan pengkajian dari berbagai aspek.

"Pasti ada beberapa opsi, kita buat tentunya tadi harus melihat segala aspek.
Opsi tetep dibuka, opsi ditutup. Kita opsi relokasi pastinya, opsi-opsi yang sudah ada kita list, nanti opsi mana yang paling tepat itu yang kita pilih," ujarnya

Baca Juga: Menteri Sandiaga Sentil Pengelolaan Medan Zoo yang Memprihatinkan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya