Influencer Medan Kumpulkan Donasi Rp82 Juta untuk Medan Zoo

Selain uang tunai, banyak juga yang donasi makanan hewan

Medan, IDN Times - Salah satu influencer Medan, Mohammad Fahmy Saleh selaku Direktur Famouz Studio, dan Anggota Medan Influencer menyoroti permasalahan Medan Zoo. Diketahui kondisinya memprihatinkan dengan sejumlah hewan yang telah mati.

Untuk itu Fahmy mengajak influencer Medan melakukan aksi peduli Medan Zoo, dengan membuka donasi berupa pakan dan uang tunai, demi keberlangsungan hidup ratusan hewan yang ada di sana. Aksi ini, diwacanakan sudah sejak Desember, saat harimau kedua Nurhaliza mati beberapa waktu lalu.

"Kita perwakilan dari influencer Kota Medan, ada dari beberapa komunitas juga, coolplus Indonesia, Mercedez Benz Club Medan, juga Famous Studio. Kita hadir untuk membantu hewan satwa yang ada di Medan Zoo," ujarnya, Senin (15/1/2024).

1. Donasi terkumpul sebesar Rp82 jutaan

Influencer Medan Kumpulkan Donasi Rp82 Juta untuk Medan ZooSuasana Medan Zoo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Hal tersebut mendengar dan melihat langsung narasi yang berkembang selama ini kalau hewan di Medan zoo ada yang kelaparan dan kurang perhatian, sehingga gerakan ini digagas untuk memperhatikan sesama makhluk hidup.

Aksi yang diikuti oleh para Influencer dan komunitas Kota Medan ini, berhasil mengumpulkan sekitar Rp82 juta uang tunai, 15 kilo daging segar, dan beberapa jenis makanan hewan lainnya, seperti kacang-kacangan, sayur dan buah.

"Ternyata hasilnya sangat memuaskan, banyak teman-teman yang antusias, sehingga terkumpul donasi sebesar Rp82 juta lebih," ungkapnya.

Baca Juga: Kian Memprihatinkan, Medan Zoo Harus Benahi Total Pengelolaan

2. Akui terbuka untuk berdialog dengan Pemerintah

Influencer Medan Kumpulkan Donasi Rp82 Juta untuk Medan ZooSuasana Medan Zoo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Diharapkan dari dana Rp82 juta itu, bisa untuk sedikit menutupi biaya makanan para hewan di dalam Medan Zoo.

Ke depannya, Fahmi mengatakan bahwa gerakan ini belum bisa dipastikan akan berkelanjutan atau tidak. Namun, dari gerakan ini bisa memicu pemerintah agar masyarakat juga dapat ikut serta pengelolaan Medan Zoo.

“Kita sangat terbuka untuk berdialog sama pemerintah, dan saat ini dibutuhkan untuk ide dan gagasan kita terbuka,” katanya.

3. Berharap Pemerintah melibatkan influencer Medan untuk Medan Zoo

Influencer Medan Kumpulkan Donasi Rp82 Juta untuk Medan ZooSuasana Medan Zoo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurutnya, sangat disayangkan jika pemerintah atau pejabat terus diam dan tidak peduli sama sekali.

“Karena ternyata masyarakat sendiri ikut serta mau membantu melapangkan perut-perut dari hewan satwa yang ada di sini, masa pemerintahnya tidak mau tahu,” ujarnya.

Berulangkali Fahmy mengatakan, kedepannya para influencer siap untuk dilibatkan dalam pengelolaan Medan Zoo.

Nantinya seluruh dana akan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam/BBKSA (tbc), PKBSI, Direksi Perunda Kota Medan, dan Manager Medan Zoo.

Baca Juga: Kondisi Medan Zoo Memprihatinkan, Bobby Janji Akan Perbaiki

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya