Keren, Tembok Kantor Camat Medan Helvetia Jadi Wadah Lomba Mural

Lomba mural untuk memeriahkan HUT Ke-78 RI

Medan, IDN Times - Pemko Medan memberikan wadah bagi seniman mural untuk menyalurkan kreativitas, di kantor Kecamatan Medan Helvetia, pada Jumat (18/8/2023).

Kesempatan ini dilakukan oleh sejumlah peserta, dengan tema lukisan beragam untuk menyampaikan pesan positif, antara lain ajakan menjaga melestarikan lingkungan, menjalin kolaborasi, serta menjauhi narkoba.

1. Lomba mural ini sekaligus memeriahkan perayaan HUT Ke-78 RI

Keren, Tembok Kantor Camat Medan Helvetia Jadi Wadah Lomba MuralPagar tembok kantor Kecamatan Medan Helvetia jadi wadah lomba mural (Dok. Istimewa)

Camat Medan Helvetia, Putera Ramadan Situmeang mengatakan bahwa peserta lomba mural yang digelar ini sekaligus memeriahkan perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ada 18 peserta yang ikut dalam lomba mural ini. Sebanyak 8 peserta berasal dari Kecamatan Medan Helvetia, sisanya berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Medan,” ungkapnya seraya mengatakan, pihaknya sengaja membatasi peserta karena keterbatasan pagar tembok yang menjadi media lukis peserta.

2. Mural bertujuan membuat pesan-pesan pembangunan lebih menarik

Keren, Tembok Kantor Camat Medan Helvetia Jadi Wadah Lomba MuralPagar tembok kantor Kecamatan Medan Helvetia jadi wadah lomba mural (Dok. Istimewa)

Putera mengungkapkan selain wadah kreativitas seni rupa, lomba mural ini bertujuan untuk membuat pesan-pesan pembangunan lebih menarik dan dekat kepada masyarakat.

Dia menambahkan, pihaknya sengaja menjadikan pagar tembok kantor kecamatan sebagai media lukis peserta lomba. Tujuannya memberikan sajian seni rupa pada warga yang datang ke kantor kecamatan sekaligus menyampaikan pesan-pesan pembangunan.

“Warga yang datang ke kantor kecamatan jadi bisa menikmati dan mendapatkan pesan pembangunan melalui karya seni,” ungkapnya.

3. Beragam permainan tradisional juga ikut diperlombakan

Keren, Tembok Kantor Camat Medan Helvetia Jadi Wadah Lomba MuralPagar tembok kantor Kecamatan Medan Helvetia jadi wadah lomba mural (Dok. Istimewa)

Selain lomba mural, lanjut Putera, Kecamatan Medan Helvetia juga menggelar berbagai perlombaan lain sejak minggu lalu. Salah satunya adalah Lomba Patok Lele khusus untuk TP PKK di Kecamatan Medan Helvetia.

“Selain melestarikan permainan tradisional, sekaligus untuk membangkitkan memori ibu-ibu yang kemungkinan besar sewaktu kecil pernah main patok lele,” sebutnya.

Di samping itu ada juga pertandingan sepak bola mini untuk kaum bapak.

Putera mengatakan, seluruh pemain tidak boleh mengenakan sepatu. Seragam pun tidak ditentukan. Persyaratan ini untuk meringankan biaya tim yang ikut berlomba.

“Ada juga lomba tarik tambang, lomba lari pakai sarung, dan estafet air. Lomba-lomba ini gratis. Tidak ada biaya pendaftaran. Yang jelas, melalui lomba ini kita ingin memberikan pesan pentingnya melanjutkan semangat para pejuang kemerdekaan untuk memajukan bangsa ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Potret Keseruan Pengibaran Bendera Raksasa di Puncak Gunung Sibayak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya