Jambore Volkswagen Akan Digelar di Medan untuk Pertama Kali

Akan digelar di Lapangan Astaka tanggal 19-20 Agustus 2023

Medan, IDN Times - Volkswagen Sumatera Utara (VSU) akan menggelar Jambore Nasional Volkswagen Indonesia Ke-52, berlangsung selama dua hari Sabtu (19/8/2023) dan minggu (20/8/2023) mendatang, di Lapangan Astaka atau GOR Medan.

Perhelatan tahunan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan sejak tahun 1993 dan yang terakhir di Jogjakarta tahun 2022.

Acara ini dihadiri ribuan pengguna pemilik, baik yang tergabung dalam komunitas maupun kolektor yang ada diseluruh Indonesia dengan tema Unity in Diversity berjudul Volkswagen Merdeka.

Salah satu tujuannya, guna melestarikan keberadaan mobil klasik dimasa modern sebagai pengalaman berharga dalam kehidupan penuh histori dan kenangan.

Diprediksi, ada sebanyak 500 unit pecinta mobil VW yang tergabung dalam berbagai daerah dari 90 lebih Club VW se-Indonesia akan hadir diacara.

Baca Juga: Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk Dikunjungi

1. Selain member VW, ada juga Autotion dan komunitas mobil klasik serta retro se-Sumut hadir

Jambore Volkswagen Akan Digelar di Medan untuk Pertama KaliJambore Nasional ke-52 tahun akan digelar di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ketua Umum Volkswagen Sumatera Utara, Heri Purwoko mengatakan acara ini sebagai bentuk partisipasi Volkswagen Sumatera Utara sebagai tuan rumah jambore nasional Volkswagen ke 52 dalam mengembangkan budaya daerah dan budaya nasional pada umumnya.

Lanjutnya, Jambore Nasional ke 52 ini merupakan pertama kalinya berlangsung diluar Jawa dan Bali.

“Volkswagen Sumatera utara merupakan tuan rumah penyelenggaraan event jambore nasional Volkswagen Indonesia yang pertama di luar pulau jawa dan bali sepanjang sejarah pagelaran event nasional ini," ujar Heri, dalam road to Jambore Nasional (23/7/2023).

Selain member Volkswagen, acara ini juga akan di hadiri oleh club yang tergabung dalam Autonation (wadah paguyupan komunitas mobil di sumatera utara) dan komunitas mobil classic and retro se Sumatera Utara.

2. Sebagai wadah memperkenalkan mobil antik tersebut kepada masyarakat

Jambore Volkswagen Akan Digelar di Medan untuk Pertama KaliJambore Nasional ke-52 tahun akan digelar di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ditambahkan Heri Purwoko, Jambore Nasional ini juga sebagai wadah memperkenalkan mobil antik tersebut kepada masyarakat.

"Mesin mobil ini sederhana dan perawatannya lebih mudah, dan sparepartnya juga lebih banyak di temukan, dan di Medan sudah banyak mekanik yang mengerti VW," ungkapnya.

Peserta jambore nasional tahun ini sudah ada yang mengirim kan unit menuju Medan dan member dari seluruh Indonesia yang  menempuh perjalan lewat jalur darat sudah mulai bersiap.

"Harapan terbesar dari acara Jambore Nasional ini adalah masyarakat dapat merasakan manfaat adanya komunitas otomotif khususnya Volkswagen Indonesia  yang  dapat bersinergi dengan kegiatan sosial budaya serta menumbuh kembangkan kecintaan dalam bidang otomotif dalam pembangunan Indonesia,” tandasnya.

Volkswagen Sumatera utara  yang saat ini sudah berusia 28  tahun merupakan salah satu club otomotif yang cukup senior dan aktif dalam melakukan kegiatan sosial juga otomotif.

Dengan jumlah member  yang mencapai 90 member yang tersebar di berbagai wilayah di sumatera utara, serta bergabung dengan wadah paguyupan autonation di harapkan kegiatan jambore nasional ke 52 akan meriah dan bisa membawa manfaat bagi masyarakat umum serta kaum milenieal.

"Anak muda bisa ikut untuk melestarikan warisan dunia di bidang otomotif  yaitu mobil Volkswagen," pungkasnya.

3. Selain sarana berkumpul, ada juga Festival Budaya Sumut

Jambore Volkswagen Akan Digelar di Medan untuk Pertama KaliJambore Nasional ke-52 tahun akan digelar di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain sarana berkumpul para pemilik dan pecinta volkswagen, event Jambore Nasional Volkswagen tersebut juga diisi  Festival Budaya Sumatera Utara, Volkswagen Display contest, Community Gathering , Classic & Retro Meet up, Festival kopi dan Kegiatan Sosial.

Kegiatan Jambore Nasional Volkswagen Ke 52, juga akan mengundang dan berkolaborasi dengan pemerintahan provinsi  Sumatera utara melalui Dinas terkait yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pariwisata & ekonomi kreatif  Sumatera Utara untuk bisa mensupport dan berkolaborasi  dalam event yang bertajuk Unity in Diversity Vw Merdeka.

Sebelumnya, VSU menggelar tour berkeliling Kota Medan mulai dari rute : Start Kafe Rumah Kayu-Jl. A. H Nasution m, Brigjend Katamso, Juanda, Istana Maimun, Letjend Suprapto, Sudirman, Diponegoro, Lapangan Benteng, Kapten Maulana Lubis, Perempatan TVRI, Podomoro, Gatot Subroto, Jl. Iskandar Muda, Siti Hajar, Jamin Ginting, Kemudian Finish kembali lagi ke Kafe Rumah Kayu.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Custom dan Antik Agar Awet dan Jadi Koleksi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya