Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa, Ini Pentingnya Vitamin C dan Zinc

Konsumsi nutrisi agar terhindar penyakit

Medan, IDN Times - Menjaga tubuh tetap sehat dan fit merupakan salah satu manfaat pentingnya vitamin C dan zinc selama puasa Ramadan.

Dengan mengonsumsi nutrisi tersebut, tubuh akan terhindar dari penyakit dan ibadah puasa dapat dijalani dengan lancar. 

1. Tubuh membutuhkan asupan nutrisi melalui makanan bergizi seimbang

Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa, Ini Pentingnya Vitamin C dan Zincilustrasi merasa kedinginan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Agar ibadah puasa dapat dijalani dengan optimal, tubuh membutuhkan asupan nutrisi melalui makanan bergizi seimbang.

Selain melalui makanan, mengonsumsi suplemen juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Pola Tidur yang Baik Selama Ramadan, Jaga Energimu!

2. Peran vitamin C dan Zinc dukung sistem kekebalan tubuh

Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa, Ini Pentingnya Vitamin C dan ZincIlustrasi gambar makanan diet (pinterest.com/breistol)

Contoh nutrisi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan puasa adalah vitamin C dan zinc karena perannya dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membantu mencegah infeksi penyakit yang dapat mengganggu ibadah puasa.

3. Vitamin C dan Zinc menangkal gejala kekurangan nutrisi

Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa, Ini Pentingnya Vitamin C dan Zincilustrasi makan makanan sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Selain itu, vitamin C dan zinc juga dapat menangkal gejala kekurangan nutrisi, seperti lelah, lemas, mengantuk, serta pusing, yang biasanya dialami oleh orang yang berpuasa. Itulah pentingnya vitamin C dan zinc selama puasa.

Vitamin C dan zinc bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran tertentu.  Beberapa sayur dan buah yang mengandung vitamin C adalah jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, mangga, nanas, kubis, brokoli, ubi, kembang kol, dan paprika.

Sementara itu, makanan yang banyak mengandung zinc adalah tiram, kepiting, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, gandum, sereal, susu, dan yogurt.

Vitamin C dan zinc juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen. Beberapa produk suplemen multivitamin mengandung vitamin C dan zinc, serta vitamin maupun mineral lain dalam satu tablet.

Baca Juga: 5 Efek Puasa Ramadan untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronis

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya