HUT TNI di Sumut, Edy Rahmayadi Turun dari Mobil Perang

Ada beragam pertunjukan yang dipersembahkan dari TNI

Medan, IDN Times - Tepat pada Kamis tanggal (5/10/2023) merupakan momen spesial bagi seluruh para Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal ini karena peringatan HUT ke-78 TNI.

Berbagai daerah di Indonesia melakukan  upacara peringatan momen tersebut, termasuk di Sumatera Utara, Kota Medan.

Berikut IDN Times rangkum momen peringatan HUT ke-78 TNI di Sumatra Utara yang dipusatkan di Lapangan Astaka, Deli Serdang.

1. Ada defile pasukan dan alutsista

HUT TNI di Sumut, Edy Rahmayadi Turun dari Mobil PerangSuasana peringatan HUT ke-78 TNI di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pelaksanaan upacara dilakukan di Lapangan Astaka Pancing, dengan ribuan prajurit tentara.

Adapun beragam rangkaian acara dilakukan diantaranya yakni bunyi terompet sebagai tanda memasuki lapangan upacara, pemutaran video tentang sejarah TNI, penyematan tanda kehormatan dan penyerahan piagam penghargaan, pembacaan amanat, demonstrasi beladiri gabungan TNI, hingga defile pasukan dan alutsista.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Puncak HUT TNI ke-78 di Monas

2. Mantan Gubernur Edy Rahmayadi jadi sorotan turun dari mobil perang

HUT TNI di Sumut, Edy Rahmayadi Turun dari Mobil PerangSuasana peringatan HUT ke-78 TNI di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ada yang menarik sebelum dilakukan upacara tampak mantan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi sekaligus merupakan Letjen TNI (Purn) jadi sorotan saat turun dari mobil perang bersama PJ Gubernur Sumut Hassanudin di Lapangan Astaka Pancing, pada Kamis (5/10/2023).

Kemudian menyusul mobil kedua juga menggunakan mobil perang, terlihat Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan bersama Komandan Lantamal I Laksamana Pratama TNI Johanes Djanarko Wibowo turun bersamaan.

3. TNI diminta untuk mengawal demokrasi

HUT TNI di Sumut, Edy Rahmayadi Turun dari Mobil PerangSuasana peringatan HUT ke-78 TNI di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Perayaan HUT TNI tahun ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Selaku inspektur upacara, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan membacakan amanat tertulis dari Panglima TNI pada acara  peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023.

Yakni berisi bahwa, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi tidaklah ringan.

“Setelah pandemik COVID-19 beredar, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan ini dari krisis pangan, krisis energi, dan krisis finacial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastikan akibat konflik dan krisis diberbagai belahan dunia,” tambahnya.

Sesuai dengan tema, TNI juga diminta untuk terus mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia maju. Serta dua hal yang menjadi catatan yaitu, perkembangan teknologi dan sistem pertahanan.

Ada juga lima penekanan untuk para prajurit TNI dari Panglima TNI, yakni tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berpegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI, melaksanakan komitmen netralitas TNI, menjalin komunikasi, menjaga nama baik TNI.

Baca Juga: Sejarah Pembentukan TNI, Ini Panglima Pertamanya 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya