Kloter 1 Jemaah Haji Medan Pulang, Tiba di Kualanamu Besok Malam

Diakui saat ini operasional dan fasilitas sudah dipersiapkan

Medan, IDN Times - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan 1444H/2023 Ahmad Qosbi, mengungkapkan siap menerima kepulangan jemaah haji asal Sumatera Utara. Kelompok Terbang 1 debarkasi Medan akan berangkat dari Bandara Jeddah, Selasa (4/7/2023) pukul 08.35 Waktu Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda nomor penerbangan GA 3201 dan akan tiba di Bandara Kualanamu Internasional pada sekira pukul 20.45 WIB.

Ia mengatakan saat ini operasional dan fasilitas sudah dipersiapkan untuk menerima kedatangan para tamu Allah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Sumut tersebut saat memimpin Rapat Pemantapan Kepulangan Jemaah Haji Debarkasi Medan di Asrama Haji Medan, pada Senin (3/7/2023).

Hadir dalam Rapat Pemantapan Kepulangan Jemaah Haji Kepala Dinas Kesehatan Prov Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala KKP Belawan, PT. Garuda Indonesia, Avsec KNO, Polda Sumut, dan perwakilan dari lembaga multisektor.

1. PPIH diminta bekerja dengan Ikhlas, tulus dalam melayani para tamu Allah

Kloter 1 Jemaah Haji Medan Pulang, Tiba di Kualanamu Besok MalamJemaah haji asal wilayah Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Lanjutnya, kepada PPIH untuk bekerja dengan Ikhlas, tulus dalam melayani para tamu Allah. Adapun kekurangan yang terjadi saat pemberangkatan harus dituntaskan sehingga para jemaah terlayani dengan baik.

“Semoga kita semua dapat melaksanakan tugas dan fungsi sesuai bidang masing-masing. Saya berharap jemaah dapat terlayani dengan maksimal," ungkap Kakanwil.

"Adapun kekurangan saat pemberangkatan menjadi evaluasi kita dan nanti saat kepulangan tidak terjadi lagi,” lanjutnya.

Baca Juga: Ini Nama Jemaah Haji Asal Sumut yang Wafat saat Wukuf di Arafah

2. Petugas diminta memastikan barang yang dibawa jemaah tidak rusak dan kurang

Kloter 1 Jemaah Haji Medan Pulang, Tiba di Kualanamu Besok MalamJemaah haji asal wilayah Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain itu, Kakanwil meminta kepada para petugas memastikan barang yang dibawa jemaah tidak kurang dan tidak rusak sebelum jemaah pulang ke rumah masing-masing. Kakanwil meminta kepada keluarga jemaah untuk mengikuti aturan PPIH saat penjemputan.

“Kita serahkan hak jemaah seperti air zam-zam dan paspor. Pastikan semua ada dan diberikan kepada jemaah. Untuk keluarga, kami meminta agar mengikuti aturan saat penjemputan. Nanti akan kita sampaikan melalui Kemenag Kab/Kota masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, Ketua PPIH Debarkasi Medan juga mengundang perwakilan RSUD Amri Tambunan dan Kemenag Deli Serdang dalam rangka mempersiapkan jemaah haji yang akan transit dan perlu perawatan karena kondisi kesehatan.

“Kepulangan nanti juga sama seperti keberangkatan di mana ada ratusan penerbangan dari tanah suci yang transit di Bandara Kualanamu. Kita harus persiapkan diri juga saat ada jemaah yang butuh perawatan,” tambahnya.

3. Kloter 1 akan tiba di KNO esok hari

Kloter 1 Jemaah Haji Medan Pulang, Tiba di Kualanamu Besok MalamJemaah haji asal wilayah Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kelompok Terbang 1 terdiri dari 359 jemaah yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal. Seluruh rangkaian pemulangan jamaah haji yang tiba di KNIA dibawa ke Asrama Haji Medan melalui dua gelombang pemulangan.

Diketahui gelombang pertama jamaah haji diterbangkan dari King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi sebanyak 15 Kloter (Kloter 1-15).

Sedangkan pada gelombang kedua pemulangannya berjumlah 9 Kloter (Kloter 16-24) berangkat dari Bandara AMAA Madinah menuju Bandara KNIA Deli Serdang Sumatera Utara.

Selanjutnya, jamaah diangkut dengan menggunakan bus menuju Asrama Haji Medan untuk pendataan kemudian Jamaah haji akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Baca Juga: Ini Nama 13 Jemaah Haji Asal Sumut yang Wafat di Tanah Suci

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya