Dalam 3 Jam Bahan Pokok di Mobil Pasar Murah Keliling Ludes Diserbu 

Mobil pasar murah keliling mulai beroperasi 

Medan, IDN Times - Mobil Pasar Murah Keliling hadir kembali menyambangi masyarakat, guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kota Medan dengan harga yang terjangkau. Warga dan pedagang memadati mobil untuk menyerbu bahan pokok.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sewaktu kunjungan kerja ke Pasar Sukaramai, pada Sabtu (19/8/2023) mengapresiasi program pasar murah keliling hasil kolaborasi dari PUD Pasar Medan dan PT Pilar Grup Indonesia yang diluncurkan Pemerintah Kota Medan bertepatan dengan perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, pada Kamis (17/8/2023).

Menurut Jokowi, program pasar murah keliling tersebut dapat membantu menjaga stabilitas harga dan inflasi di daerah.

1. Setiap hari Mobil pasar murah keliling akan hadir di sejumlah titik pasar

Dalam 3 Jam Bahan Pokok di Mobil Pasar Murah Keliling Ludes Diserbu Mobil pasar murah keliling sudah mulai beroperasi (Dok. Istimewa)

Dengan begitu, mobil pasar murah keliling digalakkan setiap hari berkeliling per Kecamatan disejumlah titik pasar. Dari 53 pasar di Kota Medan, akan ada 29 pasar yang tersedia Pasar Murah di Kota Medan di bawah naungan PUD Pasar Medan.

Untuk mobil pasar murah keliling, belum diketahui setiap hari akan berkeliling di titik mana saja. Namun, untuk hari ini akan beroperasional di salah satu Pasar Sicanang, Medan Belawan.

Baca Juga: Tinjau Pasar Sukaramai, Jokowi Apresiasi Mobil Murah Keliling

2. Hitungan tiga jam seluruh bapok terjual ludes di mobil pasar murah keliling

Dalam 3 Jam Bahan Pokok di Mobil Pasar Murah Keliling Ludes Diserbu Mobil pasar murah keliling sudah mulai beroperasi (Dok. Istimewa)

Diketahui, Mobil Pasar Murah Keliling sudah beroperasi di Jalan Kapiten Purba, tepatnya di persimpangan Simalingkar, Senin (21/8/2023).

Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno dan Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto S.

Sejak pukul 10.00 WIB, aktivitas Pasar Keliling telah dimulai. Begitu mobil tiba, ratusan masyarakat telah antre menunggu. Hitungan 3 jam, seluruh komoditas bahan pangan pokok ludes terjual.

Adapun bahan pokok yang dijual antara lain beras ukuran 5 kg seharga Rp49.750, minyak goreng Rp13.500, dan gula Rp13.500. Untuk harga paketnya bernilai seharga Rp70ribuan sudah dapat beras 5 kg, gula 1 kg, dan minyak goreng 1 kg.

3. Kehadiran mobil pasar murah keliling untuk menjaga inflasi dan pengendalian harga bapok

Dalam 3 Jam Bahan Pokok di Mobil Pasar Murah Keliling Ludes Diserbu Mobil pasar murah keliling sudah mulai beroperasi (Dok. Istimewa)

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menuturkan keberadaan mobil Pasar Murah Keliling ini diharapkan bisa semakin menyentuh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok. Selain itu, dapat pula menjaga inflasi dan pengendalian harga bahan kebutuhan pokok.

Setiap pengajuan atau permintaan dari PD Pasar Medan ke Bulog ada 100 ton untuk beras. Sementara, untuk jangka waktu habisnya sekitar 2 Minggu tergantung minat pembeli. Beras tersebut dijual atau didistribusikan ke sejumlah titik pasar murah Kota Medan dan juga melalui mobil keliling pasar murah.

Baca Juga: Bobby Harap Perda Pemukiman dan Perumahan Segera Terealisasi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya