Cerita Jumirin, Penjual Tape Keliling yang Kini Bisa Naik Haji

Sejak tahun 1980-an berjualan tape keliling terus menabung

Medan, IDN Times - Rasa bahagia dan haru terpancar dari wajah Jumirin (70), seorang tukang tape pulut hitam keliling asal Kota Medan. Tahun ini Jumirin berkesempatan berangkat haji bersama istrinya, Nurdiah.

Jumirin berangkat bersama tamu Allah lainnya yang tergabung dalam kelompok terbang 13 asal Labuhanbatu dan Medan.

Ditemui di Embarkasi Medan sebelum keberangkatan, Minggu (26/05), ia menceritakan bagaimana dirinya bisa mendaftar haji dan melunasi biaya haji bersama istrinya.

1. Sejak tahun 1980-an berjualan tape keliling terus menabung

Cerita Jumirin, Penjual Tape Keliling yang Kini Bisa Naik HajiPotret Tanah Suci Makkah (pixabay.com/GLady)

Jumirin yang sejak tahun 1980-an berjualan tape keliling terus menabung untuk keperluannya, baik kebutuhan keluarga dan yang lainnya.

“Saya berkeliling daerah Medan Johor, Deli Tua sejak tahun 80an. Saya dibantu istri saat proses pembuatan, karena saya yang buat, saya yang keliling, saya yang promosiin,” ucapnya sambil tersenyum.

2. Selain jual tape keliling Jumirin jual tanah untuk menambah biaya mendaftar haji

Cerita Jumirin, Penjual Tape Keliling yang Kini Bisa Naik Hajiilustrasi menunaikan ibadah haji (unsplash.com/Sulthan Auliya)

Dari hasil keliling, Jumirin punya strategi lain selain dari menjual tape keliling. Ia membeli tanah dari penghasilan menjual tape. Selang waktu berlalu, harga tanah naik, ia menjual tanah itu untuk mendaftar haji.

“Saya membeli tanah dari hasil berjualan. Kan harga tanah naik, kemudian saya jual tanah itu lalu mendaftar bersama istri,” ungkap Jumirin.

Dari berjualan itu ia juga berhasil menyekolahkan 3 anaknya sampai menjadi sarjana.

3. Tawakkal dan sabar dalam menjalani hidup menjadi bekal jalani hidup

Cerita Jumirin, Penjual Tape Keliling yang Kini Bisa Naik HajiSuasana jemaah haji di mina. (wavy.com)

Dia bersyukur dengan kerja keras dan hasil yang ia dapatkan. Ia mengatakan agar selalu tawakkal dan sabar dalam menjalani hidup karena sampai saat ini masih tetap berjualan tape keliling.

“Alhamdulillah doa kami diijabah Allah untuk melihat kabah di tanah suci. Doa kami agar selalu sehat dan bisa bermanfaat untuk orang lain,” pungkasnya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Baju Manasik Haji Laki-Laki, Perhatikan Kenyamananya!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya