Cek Lokasi Tukar Uang Baru BI Sumut, Mesti Daftar Dulu!

Masyarakat membludak di hari pertama pembukaan layanan

Medan, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara resmi membuka layanan penukaran uang untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, pada Senin (25/3/2024). Lokasi pertama ini berada di Plaza Medan Fair, Medan.

Program layanan ini disebut dengan Program Serambi dengan arti Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri. Tampak ini animo diikuti masyarakat Medan dan sekitarnya memadati antrian untuk dapat menukar uang.

Ratusan masyarakat rela mengantri di tengah cuaca Kota Medan yang terik demi menukar uang mereka dengan uang Rupiah pecahan baru untuk keperluan Idulfitri nanti.

1. Permintaan tukar uang rupiah ini untuk wilayah Sumut mencapai Rp7,2 Triliun

Cek Lokasi Tukar Uang Baru BI Sumut, Mesti Daftar Dulu!Bank Indoensia Sumut resmi membuka layanan penukaran uang di Plaza Medan Fair (Dok. Na)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) IGP Wira Kusuma menjelaskan bahwa Bank Indonesia menyediakan pelayanan penukaran uang selama periode Ramadan ini mulai dari tanggal 25 Maret sampai dengan tanggal 5 April 2024 nanti, mengingat akan permintaan tukar uang rupiah meningkat pada periode ini.

Meningkatnya permintaan tukar uang rupiah ini untuk wilayah Sumatera Utara mencapai Rp7,2 Triliun. Nantinya juga disediakan di rest area KM 25 jalan Tol Medan-Tebing Tinggi. Sehingga, para pemudik juga bisa menukarkan uang di rest area tersebut.

Lanjutnya, tidak hanya penukaran uang yang disediakan tapi juga layanan kesehatan pembayaran pajak, pembayaran zakat dan sebagainya mengingat antriannya panjang karena animo masyarakat yang tinggi.

“Mudah-mudahan ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk penukaran uang ini. Mungkin dihari pertama ini kita evakuasi, besok kita lihat lagi dan perbaiki lagi layanannya,” ucapnya.

Baca Juga: Bank Indonesia Sumut Buka Penukaran Uang Rupiah Mulai Hari Ini

2. Paket penukaran uang rupiah baru dengan nominal Rp4 juta terdiri dari semua pecahan

Cek Lokasi Tukar Uang Baru BI Sumut, Mesti Daftar Dulu!Bank Indoensia Sumut resmi membuka layanan penukaran uang di Plaza Medan Fair (Dok. Na)

Dalam memenuhi kebutuhan penukaran uang untuk masyarakat, BI Sumut melayani 1.000 penukar setiap harinya, dengan maksimal nominal yang ditukar per hari adalah Rp4 juta per orang selama periode tersebut.

Masyarakat bisa memilih paket penukaran uang Rupiah baru dengan nominal Rp4 juta yang terdiri dari semua pecahan, atau menentukan sendiri nominal maupun pecahan Rupiah yang diinginkan.

“Satu hari targetnya ada sekitar 1.000 untuk paketnya. Ada paket programnya,” tutupnya.

3. Masyarakat wajib mendaftar terlebih dahulu

Cek Lokasi Tukar Uang Baru BI Sumut, Mesti Daftar Dulu!Bank Indoensia Sumut resmi membuka layanan penukaran uang di Plaza Medan Fair (Dok. Na)

Selain di Plaza Medan Fair, layanan juga akan hadir di beberapa tempat seperti Pusat Pasar Medan pada 27 Maret, dan di Pasar Sukaramai pada 28 Maret, masing-masing mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

BI juga menyediakan layanan di Rest Area Tol Tebing Tinggi khusus bagi pemudik mulai tangga 2-4 April 2024.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan penukaran uang dalam program Serambi 2024 wajib mendaftar terlebih dahulu melalui laman www.pintar.bi.go.id.

Baca Juga: Laba CIMB Niaga Naik 27 Persen Berkat Inovasi Digitalnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya