Bus Listrik Diresmikan di Medan, Masih Uji Coba dan Gratis

Apa sih keunggulan bus listriknya?

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution meresmikan bus listrik gratis dengan pengalaman transportasi massal terbaru di Kota Medan. Peresmian ini masih dalam tahap uji coba di Komplek J City Medan, Kamis (4/1/2023).

“Keunggulannya pertama untuk masyarakat dimulai hari ini gratis, yang kedua ini untuk lingkungan bus listrik tentu ambisinya rendah sekali tidak menggunakan bensin sama sekali full listrik 100 persen. Yang ketiga ini keunggulannya tidak menggunakan APBD berkolaborasi dengan PT. Alista, dan J.City,” katanya.

1. Para penumpang bus listrik difasilitasi dengan duduk dan juga berdiri

Bus Listrik Diresmikan di Medan, Masih Uji Coba dan GratisUji coba bus listrik gratis di Medan (instagram @dishub_medan)

Bobby mengatakan untuk para penumpang bus listrik difasilitasi dengan duduk dan juga berdiri.

Terkait rasa trauma listrik kepada masyarakat, Bobby sampaikan tidak perlu khawatir dan takut karena bus tersebut telah didesain cantik dan bagus.

“Ini udah cantik, yang nyopir nanti kita minta juga dilatih walaupun tidak banyak perbedaan antara listrik dan yang umum tapi ada kita latih sedikit di rem yang lainnya gak ada,” jelas Bobby.

Baca Juga: Besok Uji Coba Bus Listrik di Medan, Ini Halte dan Rute Perjalanannya

2. Koridor yang masih tersedia satu dan selebihnya akan datang bertahap

Bus Listrik Diresmikan di Medan, Masih Uji Coba dan GratisUji coba bus listrik gratis di Medan (instagram @dishub_medan)

Bus listrik tampak sedikit lebih besar jika dibandingkan Trans Metro Deli, Bobby mengatakan sebagai upayanya jalanan di Kota Medan sudah dilakukan perapian atau pembatasan jalan.

“Banyak yang harusnya 2 jalur jadi 3 jalur jam-jam padat. Maka kita rapikan dari kemarin, teman-teman yang mau investasi juga disini melihat kondisi seperti itu bagaimana di jalan, bukan hanya kendaraan saja tapi jalannya juga harus layak digunakan untuk kendaraan umum maka kita rapikan terus,” kata Bobby.

Ada sekitar 17 koridor yang menjadi target, saat ini tersedia 1 koridor dan selebihnya akan datang secara bertahap.

3. Bobby peringati kepada bus sopir harus membuat penumpang nyaman dan aman

Bus Listrik Diresmikan di Medan, Masih Uji Coba dan GratisUji coba bus listrik gratis di Medan (instagram @dishub_medan)

Bobby memperingati bahwa, sopir bus listrik ini harus membuat penumpang nyaman dan aman.

“Saya kemaren sudah sampaikan tahun 2024 untuk Dinas Perhubungan fokus kita karena ditahun 2023 banyak fasilitas yang ditambah baik fasilitas aset dan fisik banyak kita gunakan dan bangun saya minta 2024 difokuskan ke Sumber Daya Manusia (SDM) karena saya juga tegur bagaimana mengoperasionalkan trek derek dan area parkir,” pungkasnya.

Baca Juga: Kolaborasi Menggeber Ekosistem Kendaraan Listrik di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya