5 Kampus Swasta di Medan yang Punya Fakultas Kedokteran

Biaya kuliah bisa dicicil secara bertahap

Medan, IDN Times - Fakultas Kedokteran selalu menjadi jurusan favorit baik itu di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta.

Di Medan terdapat beberapa kampus swasta yang juga memiliki Fakultas Kedokteran. Berikut rangkum 5 kampus swasta di Medan yang ada Fakultas Kedokterannya, dengan rincian biaya kuliahnya.

1. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)

5 Kampus Swasta di Medan yang Punya Fakultas Kedokteranilustrasi konsultasi dokter (freepik.com/pressfoto)

Biaya yang harus dikeluarkan untuk semua jurusan di UISU dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Uang Pembangunan, biaya SPP, dan DPP atau Dana Pengembangan Pendidikan.

Adapun biaya DPP dengan besaran yang sama untuk semua jurusan.

Pertama adalah biaya jas almamater sebesar Rp200 ribu, ICT sebesar Rp100 ribu, PKKMB sebesar Rp500 ribu.

Selanjutnya, ada tes narkoba seharga Rp100 ribu dan Rp50 ribu untuk asuransi.

Pendidikan Dokter memiliki ketetapan yang berbeda dengan jurusan lainnya. Total SPP yang harus dibayarkan adalah Rp50 juta.

Pencicilan pertama sebesar 25 persen dari total, dilanjutkan dengan 15 persen sebanyak lima kali.

Karena UP fakultas ini cukup besar, maka pembayarannya pun juga bisa diangsur.

Total UP-nya adalah sebesar Rp250 juta dan bisa dicicil sebanyak 6 kali. Presentasikan perhitungan cicilannya sama dengan SPP.

2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

5 Kampus Swasta di Medan yang Punya Fakultas Kedokteranpexels.com

FK UMSU memiliki 3 Prodi, yaitu Program Pendidikan Dokter, Program Pendidikan Profesi Dokter, dan Program Pendidikan Magister S2 Biomedis.

Yakni, biaya kuliahnya Dana Pengembangan Pembangunan (DPP) Rp240 juta secara lunas, atau dicicil 4 tahap Rp60 juta setiap semester (1-4). 

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) satu tahun Rp60 juta atau dibayar untuk semester 1 semester Rp30 juta Jumlah total yang dibayar saat registrasi ulang dengan pilihan lunas sebesar Rp300 juta atau Rp90 juta dengan pilihan tahapan.

Pembiayaan diluar dari kewajiban di atas yakni, Biaya KTI (Karya Tulis Ilmiah), Biaya Kompri Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Biaya Remedial, Praktikum, Skill Lab, Biaya Grand Remedial, Biaya Kepaniteraan Klinik dan Biaya Wisuda.

3. Universitas HKBP Nommensen (UHN)

5 Kampus Swasta di Medan yang Punya Fakultas KedokteranImage by pinterest.com

Rincian biaya kuliah Kedokteran di Nommensen yakni sebagai berikut: Uang Daftar Ulang & Jaket Almamater Rp550 ribu, Uang Pembangunan Tahun Pertama Rp 80juta, SPP / Tahun Rp Rp60 juta

Total biaya pertama masuk yang dikeluarkan untuk kuliah kedokteran di UHN yakni sebesar Rp260.550.000.

4. Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

5 Kampus Swasta di Medan yang Punya Fakultas Kedokteranistockphoto.com/Natali_Mis

Sebagai tambahan bahwa Universitas Prima Indonesia merupakan Universitas swasta terbesar di Sumatera Utara, yang memiliki 10 fakultas dengan 22 program studi, salah satunya Fakultas Kedokteran.

Berikut rincian biaya kuliah di Fakultas Kedokteran UNPRI.

Uang Pendaftaran untuk masuk Fakultas Kedokteran UNPRI Rp500 ribu

Ujian Saringan Masuk - Penjaringan Prestasi (Sumbangan Pengembangan Akademik).

Peringkat  I (Nilai USM 91-100) Rp60 juta, Peringkat  II (Nilai USM 81-90) Rp70 juta, Peringkat  III (Nilai USM 71-80) Rp80 juta, Peringkat  IV - X   (Nilai USM 60-70) Rp.90 juta, dan Uang Kuliah Per Semester Rp.15 juta.

5. Universitas Methodist Indonesia (UMI)

5 Kampus Swasta di Medan yang Punya Fakultas KedokteranIlustrasi bayi sedang diperksa oleh dokter (Pinterest.com/Healthy Driven)

Universitas Methodist Indonesia atau yang umum disebutkan UMI mempunyai Program Studi Pendidikan Dokter yang telah lama terbentuk di lingkungan UMI.

Fakultas Kedokteran UMI sekarang ini mengurus program studi Kedokteran Umum dan Profesi Dokter sekarang ini telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan predikat B.

Berikut rincian biaya kuliahnya:

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh Pendidikan Dokter di UMI Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia yakni sejumlah Rp.29.310.000 untuk per semesternya. 

Sedangkan rincian lainnya yaitu Biaya Pendaftaran S1 dan Ujian Masuk, Biaya Pendaftaran Rp200 ribu, Biaya TPA Rp500 ribu, Biaya Psikotes Rp350 ribu, Biaya Tes kesehatan Rp500 ribu dan Biaya PPKMB / P3S + Jaket Rp350 ribu.

Baca Juga: 15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRank

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya