3 Pasar Paling Poluler di Siantar, Punya Ciri Khas Masing-masing

Terpopuler karena berbagai karakteristik pasarnya

Medan, IDN Times - Selain terkenal dengan obyek wisata religi yang memiliki Patung Dewi Kwan Im dibangun di Vihara Avalokitesvara, oleh-oleh roti ganda dan motor gede Birmingham Small Arms atau BSA yang dijadikan becak motor alias bentor. Kota Pematangsiantar juga memiliki pasar dengan khas masing-masing. Namun, perlu diketahui bahwa pasar sering disebut dengan pajak. Penyebutan pajak ini terkhusus bagi masyarakat Sumatera Utara.

Terdapat 8 kecamatan di Kota Pematangsiantar, yaitu Kecamatan Siantar Marihat, Kecamatan Siantar Marimbun, Kecamatan Siantar Selatan, Kecamatan Siantar Barat, Kecamatan Siantar Utara, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kecamatan Siantar Martoba, dan Kecamatan Siantar Timur.

Pasar tradisional yang ada di Siantar kemungkinan terpikirkan oleh sebagian orang sama saja dengan pasar tradisional di daerah lain. Namun jangan salah, terdapat beberapa pasar tradisional disini menjadi tempat yang selalu rutin dikunjungi masyarakat, bahkan terpopuler karena berbagai karakteristik pasarnya.

Berikut IDN Times rangkum 3 pasar di Siantar yang termasuk menjadi perputaran ekonomi masyarakat sekitar.

1. Pasar Horas Siantar

3 Pasar Paling Poluler di Siantar, Punya Ciri Khas Masing-masingPasar Horas di Siantar (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pasar Horas yang berlokasi tepat di tengah tengah kota bermotto Sapangambei Manoktok Hitei, yang dalam bahasa Indonesia berarti 'bekerjasama untuk mencapai tujuan yang hakiki'.

Pasar ini sangat terkenal, berada di jalan Thamrin, Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar.

Pagi hingga sore seperti pasar tradisional pada umumnya. Namun, ada yang menarik jika malam hari, yaitu menjadi pasar yang menjual thriftting atau pakaian hingga sepatu bekas (monza) menjadi incaran para wisatawan.

2. Pasar Parluasan

3 Pasar Paling Poluler di Siantar, Punya Ciri Khas Masing-masingPajak Parluasan di Siantar (Instagram @odypurbasidadolog)

Nah, untuk pasar yang ini, sesuai namanya Pasar Parluasan makna yang luas. Artinya, pasar Parluasan merupakan pasar yang luas dibanding pasar yang lainnya di Siantar.

Disini beragam bahan perlengkapan belanja dapur tersedia, seperti pasar tradisional pada umumnya. Tak hanya itu, untuk kuliner juga ada yang legend. Pasar ini berada di jalan Gotong Royong, Suka Dame, Kecamatan Siantar Utara, Pematang Siantar yang dibuka mulai subuh pukul 04.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

3. Pasar Pagi Simarito

3 Pasar Paling Poluler di Siantar, Punya Ciri Khas Masing-masingPasar Pagi Simarito di Siantar (tiktok @siantarreview)

Pasar Pagi Simarito cocok untuk berbelanja keperluan dapur atau pun sarapan pagi. Pilihan sarapan pagi bervariasi ada mie goreng, pulut, lontong dan nasi uduk. Untuk keperluan memasak ada berbagai macam bumbu baik yang sudah di giling atau pun belum. Ada juga jual ikan laut dan beragam jenis daging.

Pasar ini berlokasi di Jalan Mayjend D.I Panjaitan, Nagahuta Timur, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematang Siantar yang dibuka mulai pagi 06.30 WIB hingga siang hari 13.00 WIB.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya