243 Bakal Calon Kepala Daerah Mendaftar ke Golkar Sumut

Ada 44 orang mendapat penugasan dari DPP

Medan, IDN Times - DPD Golkar Sumut mencatat ada 243 orang mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada). Mulai dari Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Bacalon Bupati dan Wakil Bupati serta Bacalon Walikota dan Wakil Walikota, untuk mendapatkan dukungan partai berlambang pohon beringin di Pilkada serentak 2024 ini.

Berdasarkan data diperoleh dari DPD Golkar Sumut, dari 243 orang tersebut, dengan perincian Bacalon Gubernur Sumut 3 orang, Wakil Gubernur Sumut 1 orang. Kemudian, Bacalon Wali Kota 20 orang, Wakil Wali Kota, 55 orang, Bacalon Bupati 78 orang, Bacalon Wakil Bupati 86 orang.

Sedangkan, mendapatkan surat penugasan dari DPP 44 orang, yang mendaftar melalui provinsi 14 orang dan yang mendaftar di Kabupaten/Kota, 185 orang.

1. Saat ini Golkar Sumut dalam penjaringan para calon melakukan administrasi dan selanjutnya disampaikan kepada DPP Golkar

243 Bakal Calon Kepala Daerah Mendaftar ke Golkar SumutKetua Yayasan Haji Anif (YHA) Musa Rajekshah (Ijeck) akhirnya meresmikan Masjid Al-Musannif ke-45 di Padangsidimpuan (Dok. IDN Times)

DPD Golkar Sumut menggelar Rapat Kordinasi dengan Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik tingkat Provinsi dan dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut, berlangsung di Kantor DPD Golkar Sumut, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Selasa (7/5/2024).

"Ini pertemuan kita hari ini, untuk semua calon kepala daerah tingkat Kabupaten dan Kota, yang sudah mendaftar dan mendapatkan surat penugasan ke Golkar. Total yang mendaftar itu 243 orang totalnya mendaftar," kata Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa dengan Ijeck itu, mengatakan pihaknya dalam penjaringan Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, melakukan administrasi dan selanjutnya disampaikan kepada DPP Golkar.

"Ini tahapan sedang dalam survei pertama, dan kemudian ada survei tahap dua dan tiga untuk penentuan dari DPP," jelas Ijeck.

2. Nantinya akan dinilai melalui hasil survei

243 Bakal Calon Kepala Daerah Mendaftar ke Golkar SumutKetua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah berpidato saat acara Halalbihalal DPD Golkar Sumut di Jalan Sudirman, Sabtu (27/4/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Mantan Wakil Gubernur Sumut itu, menjelaskan bahwa untuk Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, mendapatkan surat penugasan dari DPP tidak serta diputuskan. Tapi, akan dinilai melalui hasil survei.

"Untuk surat penugasan itu dari DPP karena berdasarkan penilaian, namun itu tidak serta merta juga nantinya, karena masih berdasarkan hasil survei," kata Ijeck.

Untuk diketahui dalam surat penugasan Bacalon Gubernur Sumut 2024, DPP Golkar menunjuk Ijeck dan Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

3. Para Bacakada akan diperkenalkan dengan lembaga survei

243 Bakal Calon Kepala Daerah Mendaftar ke Golkar SumutWakil Walikota Binjai Rizky Yunanda Sitepu, mengikuti dan menyerahkan berkas penjaringan ke Parpol Golkar di Pilkada 2024

Lanjut, Ijeck mengungkapkan bahwa untuk satu daerah ada beberapa, yang mendapatkan surat penugasan dari DPP Golkar. Sehingga, untuk menetapkan Bacakada akan diusung, akan melalui beberapa proses.

"Pertama, kita mau memperkenalkan mereka dengan lembaga survei. Kemudian kita lihat keseriusan mereka dengan bertatap muka langsung. Kemudian kita hadirkan lembaga survei agar mereka langsung dapat berhubungan mengikuti tahapan tahapan," jelas Ijeck.

Ijeck menambahkan yang mendaftarkan diri ke Golkar, tidak saja dari kader dan ada dari eksternal partai Golkar. Sehingga penjaringan Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, terbuka untuk umum.

"Jadi ini, akan ada pertemuan pertemuan selanjutnya. Memang tidak semua kader Golkar, ada juga non kader yang hadir banyak juga," ucap Ijeck.

Baca Juga: Melamar Bacagub ke Demokrat, Edy Rahmayadi Bersaing dengan Bobby

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya